4.583 Siswa Karimun Ikuti US Hari Pertama

id Siswa,Karimun,US,Hari,Pertama,ujian,sekolah,sd,standar,nasional

4.583 Siswa Karimun Ikuti US Hari Pertama

Sejumlah siswa SD sedang mengerjakan soal-soal Bahasa Indonesia di hari pertama Ujian Sekolah Berstandar Nasional di SDN 013 Karimun, Senin (16/5) (antarakepri.com/Istimewa)

Ketiga mata pelajaran itu diujikan dengan standar nasional. Sedangkan mata pelajaran lain juga di-US-kan, tapi berstandar lokal atau daerah saja
Karimun (Antara Kepri) - Sebanyak 4.583  pelajar sekolah dasar/sederajat di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengikuti Ujian Sekolah (US) pada hari pertama, Senin.

Siswa sebanyak itu terdiri atas 2.380 laki-laki dan 2.203 perempuan, berasal dari 148 SD negeri, 12 SD swasta, 11 madrasah ibtidaiyah negeri dan swasta, 3 sekolah luar biasa, ditambah peserta dari program Paket B 2016, kata Sekretaris Dinas Pendidikan Karimun Bakri Hasyim di Tanjung Balai Karimun.

Bakri Hasyim mengatakan, pelaksanaan US hari pertama berjalan dengan baik dan lancar, tidak ada siswa absen atau berhalangan.

Adapun mata pelajaran yang diujikan kepada seluruh siswa, pada hari pertama tersebut, yakni Bahasa Indonesia sebanyak 50 soal dan waktu untuk mengerjakan soal selama 120 menit, mulai pukul 08.00-10.00 WIB.

Dia menjelaskan, mata pelajaran yang diujikan dalam US 2016 hanya tiga, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.         

"Ketiga mata pelajaran itu diujikan dengan standar nasional. Sedangkan mata pelajaran lain juga di-US-kan, tapi berstandar lokal atau daerah saja," ucap dia.

Besok atau hari kedua, seluruh siswa akan mengikuti US dengan mata pelajaran Matematika dengan 40 soal, dan IPA pada Rabu (18/5) juga 40 soal.

Berdasarkan pantauan, pelaksanaan US di beberapa sekolah berjalan dengan lancar. Seluruh siswa mulai mengerjakan soal mulai pukul 08.00 dengan diawasi dua orang pengawas pada setiap ruangan.

"Anak-anak kelihatannya cukup tenang menjawab soal. Kami tentu berharap lulus semua," kata Kepala SDN 013 Karimun Riva Nurlilla.

Riva mengatakan, jumlah siswa di sekolah yang dia pimpin yang mengikuti US sebanyak 59 orang yang dibagi dalam tiga kelas.         

"Kami telah mengadakan beberapa kali uji coba agar anak-anak benar-benar siap mengerjakan soal US," tambah Riva Nurlilla. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE