PU: Pusat Siapkan 41 Miliar Untuk P2JN Lingga

id PU,Pusat,Siapkan,41Miliar,Untuk,P2JN,Lingga

PU: Pusat Siapkan 41 Miliar Untuk P2JN Lingga

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Lingga, Indra Asmara Putra memaparkan sejumlah item pembangunan infrastruktur jalan di kantornya, Selasa (10/1). (Antarakepri/Ardhi)

Alhamdulillah, tahun ini pusat mengalokasikan dana untuk pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan melalui Satker (P2JN) Kepri cukup besar. Totalnya kurang lebih Rp41 Miliar. Angka ini luar biasa
Lingga (Antara Kepri) - Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menyiapkan Rp41 miliar dana pembangunan dan pemeliharaan jalan nasional (P2JN) di Kabupaten Lingga untuk tahun ini.

Indra Asmara Putra, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga mengatakan, alokasi dana tersebut akan terserap melalui beberapa item pembangunan di Pulau Lingga dan Pulau Singkep.

"Alhamdulillah, tahun ini pusat mengalokasikan dana untuk pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan melalui Satker (P2JN) Kepri cukup besar. Totalnya kurang lebih Rp41 Miliar. Angka ini luar biasa," kata dia di Daik Lingga, Selasa.

Adapun beberapa item pembangunan yang masuk dalam prioritas P2JN tersebut diantaranya, pembangunan jalan Lingga Utara di pulau Lingga sepanjang 5,2 Kilometer serta pembangunan 3 unit jembatan beton di jalan Desa Resun.

Kemudian untuk jalan Nasional di pulau Singkep, akan dilakukan pemeliharaan jalan mulai dari pelabuhan Jagoh sampai ke desa Kote Singkep Pesisir.

Selain dari Pemeritah Pusat, lanjut Indra, Kabupaten Lingga juga mendapat alokasi dana pembangunan infrastruktur jalan lintas timur pulau Lingga dari Provinsi Kepri.

"Provinsi akan melanjutkan pembangunan jalan lintas timur dari Simpang Desa Linau sepanjang 2 kilometer. Mereka (Pemprov) keroyokan melalui sumber DAK APBN dan APBD Provinsi. Itu sudah masuk sebesar Rp7 miliar," ungkapnya.

Sementara untuk pembangunan infrastruktur jalan yang bersumber dari DAK dan APBD Kabupaten Lingga, lanjut Indra, akan digunakan untuk peningkatan jalan dari simpang Desa Marok Tua ke Desa Marok Kecil.

Kemudian, pengaspalan jalan penghubung Kampung Tanda-Sawah Indah di pusat kota Daik sepanjang 800 meter, dan pembangunan jalan di Dusun Centeng Desa Limbung.

"Tahun ini, kami juga akan membangun jalan menuju pasar baru Daik. Jalan ini nantinya menjadi awal mula pembangunan jembatan spektakuler Daik Lingga," ujarnya.

Dia juga menambahkan, pemerintah Kabupaten Lingga menganggarkan sejumlah dana untuk pembangunan jalan Serteh Kecamatan Lingga, jalan Tanah Putih Singkep Barat, jembatan Desa Nerekeh Lingga, dan jembatan Desa Duara Lingga Utara.

Menurut Indra, pemerintah daerah khususnya Dinas PUPR-PKP Lingga cukup serius menggesa peningkatkan infrastruktur jalan, karena dalam salah satu poin strategis presiden RI memuat percepatan pembangunan infrastruktur.

Terlebih lagi, ketersediaan infrastruktur jalan merupakan salah satu modal dasar pemerintah daerah untuk menarik investasi masuk dan menanamkan modalnya.

Khusus di Budang Bina Marga, lanjutnya lagi, pekerjaan pembukaan dan pembangunan sarana jalan akan terus menerus dilakukan.

Hal itu mengacu pada cita-cita besar Bupati Lingga Alias Wello, tentang dua pulau besar di kabupaten tersebut memiliki jalan lingkar.

"Sebagian dari cita-cita itu sudah kita mulai tahun ini. Kita berharap terus didukung anggaran, agar mimpi daerah khususnya Bupati dan Dinas PU ini bisa terwujud segera," tutupnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE