20 Pelajar Kenalkan Budaya Kepri di Kalimantan

id bumn untuk negeri, siswa mengenal nusantara, batam kepulauan riau, siswa mengenal nusantara batam, pn timah, biro klasifikasi indonesia, pengusahaan d

"Mereka akan berada di Kalimantan Selatan pada 22-28 Juli 2017 untuk mengenal budaya setempat dan memperkenalkan budaya Kepri. Mereka akan mengikuti serangkaian acara menegenali budaya dan berinterasi dengan sesama pelajar di sana," kata dia.

Batam (AntaraKepri) - Sebanyak 20 pelajar terbaik SMA/SMK/SLB dari tujuh kota/kabupaten di Kepulauan Riau lolos untuk mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang merupakan program "BUMN Hadir untuk Negeri".

"Dari Kepri terpilih 20 siswa, dua di antara mereka berasal dari sekolah luar biasa (SLB). Mereka akan akan berangkat ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan," kata Sekretaris Perusahaam PT Timah Nur Adi Kuncoro di Batam, Sabtu.

Pelajar terpilih merupakan siswa berprestasi dari berbagai sekolah di Kepri yang diseleksi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dari tingkat sekolah hingga provinsi.

"Mereka akan berada di Kalimantan Selatan pada 22-28 Juli 2017 untuk mengenal budaya setempat dan memperkenalkan budaya Kepri. Mereka akan mengikuti serangkaian acara menegenali budaya dan berinterasi dengan sesama pelajar di sana," kata dia.

Ia mengatakan PT Timah bersama PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dari Jakarta, dan PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam (PDIP Batam), serta Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri telah memberikan pembekalan kepada mereka pada 20-21 Juli 2017 di Batam.

Pembekalan berisi pengetahuan tentang pariwasata, seni dan budaya Kepulauan Riau, dengan ujuan agar para siswa terpilih juga bisa mejadi duta bagi Kepri.

"Harapan kami mereka akan memiliki pemahaman yang luas serta sebagai generasi muda memiliki rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia," kata Nur.

Program SMN merupakan pertukaran pelajar yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh BUMN yang ada di Indonesia.

Program itu untuk memberikan kesempatan kepadap para pelajar berprestasi baik dari SMU/SMK/SLB di setiap provinsi untuk memahami dan mengenal lebih jauh tentang keanekaragaman budaya, mencintai keindahan alam, serta menghayati dan belajar dari potensi Sumber Daya Alam dan leluhur bangsa.

Ahmad Sarifuddin, siswa SMK Kundur Utara mengatakan bersyukur bisa terpilih menjadi satu diantara dua siswa yang akan menjalani pertukaran pelajar ke Kalimantan Selatan.

Ia mengatakan ingin memiliki wawasan luas dalam berbagai bidang termasuk kebudayaan-kebudayaan yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia.

"Saya berharap nantinya bisa menceritakan pengalaman di Kalimantan Selatan pada teman-teman agar mereka juga termotifasi," kata dia.

Nur Hidayah, siswa lain dari SMK Kartini juga sangat antusias dengan program dari Kementerian BUMN tersebut.

"Seleksinya panjang mulai sekolah hingga provinsi. Saya bersyukur terpilih dan sangat antusias mengikuti program ini," kata dia. (Antara)
 
Editor: A Salim/ YJ

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE