Audisi i-Sing Indonesia Dibuka Perdana di Tanjungpinang

id Audisi,i-Sing,Indonesia,Dibuka,Perdana,Tanjungpinang

Audisi i-Sing Indonesia Dibuka Perdana di Tanjungpinang

Para juri i-Sing Indonesia 2017 saat pers konfrens di Hotel CK Tanjungpinang, Minggu (6/8). (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Dua peserta yang lolos audisi kategori solo dan duet akan bersaing di Grand Final Dunia i-Sing di Yangon Myanmar 29 September hingga 1 Oktober 2017 untuk merubut Juara Dunia i Sing
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Ajang audisi musik bertaraf internasional "i-Sing" untuk Indonesia dibuka pertama kali di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Minggu (6/8).

Pemenang i-Sing Indonesia untuk internasional ini akan memperebutkan hadiah senilai 10.000 dolar Amerika. Audisi i-Sing juga diselenggarakan di seluruh negara lainnya.

Pewara i-Sing Indonesia audisi Tanjungpinang, Ikmal mengatakan, Kota Tanjungpinang terpilih perdana mewakili daerah lainnya di Indonesia dikarenakan wilayahnya berdekatan dengan Singapura.

Selain itu, kata Ikmal, Singapura menjadi tempat terakhir para penyanyi terpilih dalam kategori solo dan duet untuk dilatih kembali bertanding di tingkat internasional. 

"Dua peserta yang lolos audisi kategori solo dan duet akan bersaing di Grand Final Dunia i-Sing di Yangon Myanmar 29 September hingga 1 Oktober 2017 untuk merubut Juara Dunia i Sing," katanya.

Ikmal mengatakan, audisi i-Sing hanya satu hari, Minggu (6/8) di Hotel CK Tanjungpinang. Audisi dimulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Setiap peserta i-Sing Indonesia bebas memilih jenis lagu dari beragam genre yang ada. Hanya saja, i-Sing mewajibkan peserta audisi membawakan sebuah lagu berbahasa Inggris.

"Peserta hanya membayar Rp.100 ribu untuk pendaftaran awal, peserta dianjurkan untuk membawa lagu berbahasa Inggris, kenapa, sebab mereka yang terpilih nantinya akan bertarung di tingkat Internasional," ujarnya.

Lynn Malik, salah satu juri audisi i-Sing Indonesia mengatakan, tidak ada batasan untuk masyarakat Tanjungpinang mendaftar audisi i-Sing.

Peserta yang lolos audisi i-Sing Indonesia nantinya akan dibawa ke Kota Batam untuk diseleksi kembali sebelum diberangkatkan ke Singapura untuk dilatih. Di Batam audisi i-Sing Indonesia disiarkan secara langsung melalui televisi swasta.

"Trainingnya berupa pembelajaran bernyanyi menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar oleh pengajar seni suara terbaik Singapura, Nana Karia," ujarnya.

Nana Karia, Title Sing on the show Singapora 2004 serta Ratu rock 2015 itu menjelaskan,  terdapat beberapa penilaian juri pada audisi i-Sing Indonesia. Beberapa poin penting menjadi pertimbangan juri untuk memilih para peserta untuk diwakilkan ke internasional.

Penilain terdiri dari 40 persen olah Vocal, artikulasi, bagaimana peserta bernyanyi dengan ketukan tempo, 20 persen performance ekspresi di panggung, dan selebihnya adalah penampilan.

"Daya tarik peserta, penampilan dan nilai lainnya dari apa yang ditampillkan menjadi wewenang juri untuk menilai. Audisi juga dilakukan secara tertutup, tidak terbuka untuk umum," ujarnya.

Bintang Pantura, Febrian dan artis cilik Tegar Indonesia juga menjadi juri dalam ajang i-Sing Indonesia 2017 di Tanjungpinang. Ia mengatakan, kedepan i-Sing akan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat untuk membuka peluang menggali potensi masyarakat dalam seni tarik suara.

"Kedepan semoga Tanjungpinang memiliki keberanian dan potensi untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah, setidaknya seperti sponsor dari pemerintah," ujarnya.

Dalam audiensi i-Sing Indonesia 2017 tersebut yakni, Jhon Hansen, Lynn Malik, Tegar, Nana Karia, Febrian. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE