Lansia di Bintan akan terima BLT dari Pemkab Rp600 ribu/bulan

id Program BLT lansia,Pemkab Bintan siapkan program BLT,program BLT lansia senilai Rp600 ribu

Lansia di Bintan  akan terima BLT  dari Pemkab  Rp600 ribu/bulan

Bupati Bintan Apri Sujadi. (Ogen)

Bintan (ANTARA) - Pemkab Bintan, Kepri, menyiapkan program bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600 ribu per bulan bagi warga lanjut usia (Lansia) mulai tahun 2021.

Bupati Bintan Apri Sujadi, Sabtu, menyampaikan program tersebut merupakan janji politiknya pada Pilkada serentak tahun 2020.

"Kami akan memberikan perhatian beberapa tahun ke depan dengan menyalurkan BLT untuk para lansia," kata Apri.

Apri menyebut bantuan ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup warga lansia sehari-hari.

Pemkab akan menyisihkan alokasi yang berasal dari APBD, salah satunya disiasati dengan mencoret sejumlah alokasi anggaran fisik guna merealisasikan program tersebut.

Pihaknya sedang dalam tahap meminta Dinas Sosial Kabupaten Bintan untuk memperbarui data warga lansia di daerah setempat.

"Agar sasaran program BLT lansia tepat sasaran, saya juga ikut turun langsung berdiskusi jemput bola
dengan menemui para lansia dari rumah ke rumah dan ikut serta turut mendengarkan keluh kesah mereka," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Bintan dua periode itu mengutarakan ada beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam program BLT lansia, yakni bantuan ini dikhususkan bagi lansia di atas usia 60 tahun.

Selain itu, bagi Lansia yang sudah terdaftar di program keluarga harapan (PKH) juga berkemungkinan tidak akan masuk dalam program yang akan dikucurkan pemerintah daerah.

"Ini supaya data yang dikucurkan nantinya tidak tumpang tindih, antara program pusat dan program pemerintah daerah. Karena, dua kategori sosial ekonomi yang akan kita bantu yaitu para lansia dan juga janda yang menjadi tulang punggung keluarga," tuturnya.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar