Gerhana bulan total melintasi langit Pulau Bintan

id Gerhana bulan total

Gerhana bulan total melintasi langit Pulau Bintan

Kantor BMKG Tanjungpinang. (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Prakirawan BMKG Tanjungpinang Hayu Nur Mahron menyampaikan gerhana bulan total melintasi langit Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Rabu.

Hayu menyampaikan waktu mulai gerhana bulan total pada pukul 18.09 WIB dan puncaknya pukul 18.18 WIB.

"Gerhana bulan total berakhir pukul 18.28 WIB dan berlanjut dengan gerhana bulan sebagian hingga pukul 20.51 WIB," kata Hayu di Tanjungpinang.

Dia menyampaikan gerhana bulan total ini jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman disaksikan oleh masyarakat dengan mata telanjang, tanpa harus menggunakan kaca mata khusus gerhana.

"Kami mengimbau masyarakat yang berada di pesisir atau pinggir laut (pantai) perlu mewaspadai terjadinya pasang air laut yang lebih tinggi dari pasang normalnya," ungkapnya.

Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya sinar matahari oleh bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke bulan, dilihat dari bumi.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, bulan akan terlihat berwarna merah terkenal dengan istilah Blood Moon.

Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi, maka bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar