Kepala BP Batam: Investasi asing di Batam meningkat

id BP Batam,Badan Pengusahaan Batam,Kepala BP Batam,PMA,PMA Batam,PMA Kota Batam

Kepala BP Batam: Investasi asing di Batam meningkat

Kepala BP Batam Rudi. Foto Antara/Humas BP Batam

Batam (ANTARA) - Meskipun di tengah kondisi pandemi COVID-19, investasi asing di Batam mengalami peningkatan dan diyakini akan mengalami perkembangan yang positif.

Kepala BP Batam, Rudi mengatakan, perkembangan investasi tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai investasi Penanam Modal Asing (PMA) di Batam Triwulan I Tahun 2020 dan Triwulan I tahun 2021.

"Nilai investasi PMA di Batam mengalami peningkatan 122,8 persen pada Trwiulan I secara year on year. Yaitu, USD 76 juta pada tahun 2020 dan USD 171 juta pada tahun 2021," kata Rudi dalam rilis yang ANTARA terima.

Rudi melanjutkan, tidak hanya nilai investasi saja yang naik melainkan ada juga proyek yang mengalami peningkatan.

"Proyek di Batam mengalami peningkatan 23 persen pada Triwulan I. Yaitu, 438 proyek pada tahun 2020 dan 541 proyek pada tahun 2021," lanjutnya.

Lalu, siapa yang merajai realisasi investasi di Batam pada tahun 2020?

Rudi mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki, Singapura merupakan raja realisasi investasi pada tahun 2020.

"Singapura merajai realisasi investasi pada tahun 2020. Namun, dalam tiga tahun terakhir, beberapa negara Eropa juga mendominasi investasi asing di Batam," ungkapnya.

Adapun beberapa negara Eropa yang mendominasi investasi asing pada tahun 2020 ialah, Luxembourg, Jerman dan Swiss yang menempati posisi ketujuh teratas PMA berdasarkan negara. Dan pada Triwulan I tahun 2021, Jerman berada pada posisi pertama dengan 7 proyek atau total investasi senilai USD 69 juta.

Rudi juga mengatakan, bahwa pihaknya mendapat respon positif dari para pelaku usaha di Eropa karena peningkatan yang positif ini.

"Maka dari itu, pertumbuhan investasi PMA ini harus dijaga dan ditingkatkan. Apalagi pelaku usaha dari beberapa negara Eropa semakin mengukuhkan posisinya sebagai PMA di Kota Batam," tutup Rudi.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar