Pemprov Riau dana Rp10 juta untuk tiap ekor sapi terserang PMK

id Dinas PKH Riau

Pemprov Riau dana Rp10 juta untuk tiap ekor sapi terserang PMK

Sapi di Riau yang terjangkit PMK. (Foto:Antara/HO-Dinas PKH Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyediakan bantuan dana sebesar Rp10 juta untuk tiap ekor sapi yang tdinyatakan terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Bantuan sebesar Rp10 juta/ekor itu diberikan dengan indikator hasil visum dan setelah penetapan status wabah PMK hewan ternak," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman, dalam keterangan di Pekanbaru, Senin.

Kebijakan tersebut diterapkan berdasarkan penetapan Deputi III Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen Fajar Setyawan, bahwa bantuan hewan ternak yang mati akibat PMK sudah bisa diajukan untuk mendapat bantuan dari pemerintah.

Pihaknya kini tengah mendata jumlah sapi yang terserang PMK.

"Saat ini kita terus menggencarkan pendataan sapi mati dan dipotong paksa akibat terpapar PMK. Di Riau terdapat 5 hewan ternak jenis sapi yang mati akibat PMK berasal dari Siak 2 ekor, sedangkan dari Rokan Hulu dan Kampar masing-masing 1 ekor," kata dia.

Pihaknya juga mencatat 21 sapi yang dipotong paksa akibat terpapar PMK. 

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mengimbau satgas di daerah untuk saat ini fokus pada vaksinasi dosis pertama.

"Stok vaksin yang ada mari difokuskan untuk vaksinasi pertama terlebih dahulu. Memang selama ini ada tenggang waktu antara vaksin pertama dan kedua sekitar 4-8 minggu, tapi saat ini dihabiskan dulu untuk vaksin pertama," kata Suharyanto.

Suharyanto mengatakan jumlah vaksin yang saat ini tersedia masih terbatas, total ada 3 juta dosis yang siap dialokasikan ke daerah. Untuk mengatasi hal tersebut, Suharyanto menyarankan setiap daerah memberlakukan skala prioritas hewan ternak yang diberi vaksin.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Riau bantu peternak Rp10 juta per ekor atasi sapi terkena PMK

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE