KPU Kepri minta masyarakat proaktif terhadap pelaksanaan Pemilu 2024

id KPU,Kepri, minta masyarakat proaktif terhadap pelaksanaan pemilu,kpu kepri,pemilu 2024

KPU Kepri minta masyarakat proaktif terhadap pelaksanaan Pemilu 2024

Ketua KPU Kepri Sriwati.ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau meminta masyarakat proaktif terhadap pelaksanaan Pemilu 2024 dan memberikan kontribusi agar tahapan pemilu berjalan maksimal.   

Ketua KPU Kepri Sriwati di Tanjungpinang, Senin mengatakan, kontribusi yang diberikan masyarakat dapat meningkatkan kualitas pemilu. Misalnya, memberi masukan terhadap penataan daerah pemilihan legislatif tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota.

Masyarakat juga dapat memastikan dirinya apakah terdaftar sebagai pemilih atau tidak melalui alamat situs https://cekdptonline.kpu.go.id/.

Baca juga:
Kuota haji 2023 untuk Kota Batam sebanyak 600 jamaah

Pemprov Kepri imbau warga tidak mengkonsumsi "Chiki Ngebul"


Kemudian peran serta masyarakat juga dapat meningkatkan hasil verifikasi administrasi administrasi dan faktual terhadap syarat dukungan pemilih kepada bakal calon anggota DPD RI. Masyarakat cukup memastikan apakah dirinya termasuk orang yang mendukung bakal calon anggota DPD RI atau tidak melalui situs https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik_pendukung.

"Dalam proses perekrutan penyelenggara pemilu tingkat provinsi, kabupaten dan kota hingga kelurahan dan desa, masyarakat juga dapat memberi masukan kepada tim seleksi," katanya.

Ketua Bawaslu Kepri Said Abdullah Dahlawi mengatakan sikap masyarakat akan mempengaruhi kualitas pemilu. Penyelenggara pemilu telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk memudahkan masyarakat mengambil peran penting dalam penyelenggaraan pemilu.

Masyarakat dapat mengambil peran sebagai pengawas pemilu atau minimal memberi masukan kepada penyelenggara pemilu terkait penyelenggaraan tahapan pemilu.

"Hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan diri terdaftar sebagai pemilih, dan menggunakan hak suara pada saat hari pemungutan suara," ujarnya.

Baca juga:
Masa jabatan penyelenggara pemilu di Kepri hingga pertengahan 2023

BPPD Kepri kawal proyek pembangunan perbatasan


Menurut dia, peran masyarakat sangat strategis dalam meningkatkan kualitas pemilu. Karena itu, jajaran Bawaslu Kepri mengajak berbagai kelompok masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pemilu.

Pengawasan pemilu semakin efektif bila didukung oleh masyarakat. Berbagai program pencegahan terhadap pelanggaran pemilu juga dapat terlaksana secara maksimal bila seluruh pihak memahami dan melaksanakan kegiatan kepemiluan sesuai peraturan yang berlaku.

"Kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif mengawasi pemilu, dan menjadi bagian dari pengawas partisipatif," katanya.

Baca juga:
ABK KM Bahagia asal Karimun hilang di Perairan Natuna

Pencarian nelayan hilang di Perairan Anambas terkendala cuaca

Bobby Jayanto ingatkan pelaksanaan APBD 2023 harus tepat sasaran

Gubernur Ansar: Kepri peringkat pertama realisasi APBD se-Indonesia



 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE