Pemkot Batam tingkatkan minat baca anak dengan perputakaan keliling

id Kepri,batam,minat baca ,perpustakaan keliling ,mobil perpustakaan

Pemkot Batam tingkatkan minat baca anak dengan perputakaan keliling

Siswa sekolah di Batam, Kepri, mengantre untuk meminjam buku di mobil layanan perpustakaan keliling (FOTO ANTARA/Jessica)

Batam, Kepri (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) terus berupaya meningkatkan minat membaca pada anak melalui layanan perpustakaan keliling.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam Samudin di Batam, Rabu mengatakan saat ini ada dua unit mobil yang berfungsi sebagai layanan perpustakaan keliling di Batam.

Untuk mendukung minat literasi tersebut, pihaknya akan mengunjungi sekolah, hingga tempat bermain agar anak-anak tertarik dan singgah untuk membaca buku.

"Nanti kita jadwalkan untuk mengunjungi sekolah. Selain itu, sekolah juga bisa mengusulkan atau mengundang mobil perpustakaan ini ke sekolah," katanya.

Ia menyampaikan indeks literasi Kota Batam berada di angka 83 persen, sehingga diharapkan dengan adanya mobil layanan perpustakaan keliling dapat memperkuat literasi yang sudah terbangun di Kota Batam.

"Salah satu tugas kami adalah meningkatkan budaya literasi. Jadi fasilitas ini akan meningkatkan literasi," kata Samudin.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengatakan budaya membaca memiliki peran penting dalam memperluas ilmu pengetahuan.

"Seperti yang dikatakan seorang falsafah di bidang pendidikan. Luangkan 4 jam dari 24 jam waktumu untuk membaca. Ini yang saya terapkan di rumah. Jadi anak-anak gemar membaca untuk memperluas ilmu mereka," katanya.

Menurutnya, mobil yang sudah dilengkapi berbagai macam jenis buku, ada juga fasilitas komputer juga untuk menunjang operasional mobil perpustakaan.

"Tentu kita bersyukur sebab Batam menjadi salah satu kota yang mendapatkan bantuan ini. Untuk teknis pengoperasian mobil ini mungkin bisa ke Dinas Perpustakaan lebih jelasnya. Intinya saya dan bunda literasi mendukung hal baik ini," demikian Jefiridn Hamid.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE