RS Sentosa Bogor upayakan tes DNA pada bayi yang diduga tertukar

id Bayi tertukar, kabupaten Bogor, RS sentosa,bogor

RS  Sentosa Bogor upayakan tes DNA pada bayi yang diduga tertukar

Rumah Sakit Sentosa di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Rumah Sakit Sentosa Bogor berupaya melakukan tes DNA kepada  pasien B, yang diduga bayinya tertukar dengan bayi Siti Mauliah, untuk dilakukan tes DNA. 

"Surat sudah berulang kali kami kirimkan melalui kuasa hukum pasien B, pertama Minggu lalu, dan kedua hari ini via pdf," kata Juru Bicara RS Sentosa Gregorius B Djako di Bogor, Sabtu.

Ia mengatakan, pihak rumah sakit terus melakukan komunikasi dengan pasien B. Karena, Siti Mauliah sudah melakukan tes DNA dan hasilnya negatif.

Menurut dia, setelah kejadian sejak satu tahun lalu dirinya dengan pihak manajemen rumah sakit terus berupaya agar pasien B mau mengikuti tes DNA.

"Kami juga memberikan pilihan agar dilakukan tes DNA di lembaga lain sesuai pilihan pasien B," kata dia.

Kuasa hukum Siti Mauliah, Rusdy Ridho menyebutkan, Siti Mauliah melahirkan dengan operasi caesar di RS Sentosa pada 18 Juli 2022. 

Namun, kata Rusdy, saat Siti menyusui di hari kedua setelah melahirkan, kliennya merasa ada beberapa perbedaan dengan bayi yang dilahirkan, terlebih pada bagian rambut yang nampak lebih lebat.

Ketika hendak pulang dari RS, suster yang melayani sempat menanyakan kepada Siti mengenai gelang penanda yang dikenakan oleh bayi. Tapi, saat itu disebutkan bahwa hanya gelang yang tertukar.

Sekitar dua bulan lalu pihaknya mengadakan audiensi dengan pihak RS, hasilnya dilaksanakan pemeriksaan DNA di Jakarta.

"Selang 10 hari kemudian dan dikumpulkan dua keluarga, dan hasil tes DNA bahwa sampel A dan B negatif atau bukan anak biologis dari pasien A (Siti)," kata dia.

"Terduga dari RS tertukar kepada gelang ada di pasien B, tapi pasien B tidak ingin melakukan tes DNA akhirnya kami sebagai kuasa mengambil langkah hukum membuat aduan ke unit PPA Polres Bogor," kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RS di Bogor upayakan tes DNA bayi yang diduga tertukar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE