Kepri Tegaskan Gas Natuna Bukan di Sambas

id kepri, tegaskan, gas, natuna, bukan, sambas

Bintan (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menegaskan tidak satu pun  titik blok gas Natuna berada di wilayah Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat.
       
"Seluruh blok gas berada di Kepri, rapat koordinasi menteri juga menyebutkan hal yang sama," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kepri Isdianto di Bintan, Selasa.
       
Ia mengatakan Kepri memiliki beberapa blok gas yang terdapat di Kabupaten Anambas dan Natuna, dan seluruh wilayahnya berada di Kepri, tidak ada yang masuk wilayah provinsi lain.
       
"Klaim yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sambas adalah hal yang normal, karena blok gas Natuna memiliki potensi dan kekayaan yang besar," katanya.
       
Selain mengklaim, kata dia, Pemerintah Kabupaten Sambas juga membuat pusat logistik (logistic base) untuk kepentingan eksplorasi migas.   "Itu tidak apa-apa, wajar saja," kata dia.
       
Sebelumnya, di Pontianak, Bupati Burhanuddin A Rasyid mengatakan secara umum lokasi pengolahan gas berada di Provinsi Kalimantan Barat.
       
Pemkab Sambas menyambut baik penetapan eksplorasi cadangan gas terbesar di dunia itu.  "Disuruh siapkan lahan, kami siapkan, begitu juga sarana pendukungnya," kata Burhanuddin A Rasyid.
       
Blok Natuna D Alpha terletak sekitar 250 kilometer dari Kepulauan Natuna Provinsi Kepri.
       
Blok D Alpha disebut memiliki cadangan 46 triliun kaki kubik migas. Namun pengembangan Blok Natuna tidak mudah karena 70 persen cadangan gasnya berisi CO2.
       
Dibutuhkan teknologi canggih untuk penghilangan, pembuangan, dan penyimpanan karbon dioksida karena CO2 tidak bisa dibuang sembarangan. Investasi yang dibutuhkan juga tidak sedikit, diperkirakan sekitar 52 miliar dolar AS.
(ANT-YJN/E005/Btm2)

   

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE