Jumlah korban tewas karena serangan Israel di Gaza lebih dari 30.000

id penderitaan warga gaza,serangan israel,konflik di gaza,genosida

Jumlah korban tewas karena serangan Israel di Gaza lebih dari 30.000

Ilustrasi - Asap mengepul setelah terjadi serangan udara Israel di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan pada 15 Januari 2024. (ANTARA/Xinhua/Yasser Qudih/pri.)

Moskow (ANTARA) - Jumlah kematian di Jalur Gaza sejak meningkatnya konflik Hamas-Israel melampaui 30.000 jiwa, dan mayoritas adalah perempuan dan anak-anak, kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Kamis.

“Korban tewas di Gaza telah melampaui 30.000 orang – sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak,” tulis Tedros dalam platform X.

Tedros juga menambahkan bahwa terdapat lebih dari 70.000 warga Palestina yang terluka akibat serangan Israel tersebut.

Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan roket skala besar terhadap Israel dari Gaza dan melanggar perbatasan, menewaskan 1.200 orang dan menculik sekitar 240 lainnya.

Israel melancarkan serangan balasan, memerintahkan blokade total terhadap Gaza, dan memulai serangan darat ke daerah kantong Palestina itu dengan tujuan untuk melenyapkan pejuang Hamas dan menyelamatkan para sandera.

Dalam pemberitaan sebelumnya disebutkan Gaza menyaksikan tingkat malnutrisi tertinggi di dunia dengan satu dari enam anak di bawah usia dua tahun mengalami kekurangan gizi, kata Wakil Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia PBB (WFP) Carl Skau pada Selasa (27/2).

“Gaza menghadapi tingkat malnutrisi pada anak terburuk di dunia. Satu dari enam anak di bawah usia dua tahun mengalami kekurangan gizi akut,” kata Skau dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB tentang Ketahanan Pangan.

WFP siap mengintensifkan operasinya jika gencatan senjata disepakati, katanya menambahkan.

“Jika tidak ada yang dilakukan, kami khawatir kelaparan yang meluas di Gaza hampir tak terhindarkan, yang menurut Kementerian Kesehatan di Gaza telah menelan hampir 30.000 korban jiwa dan melukai 70.000 lebih lainnya sejak Oktober, dengan kemungkinan korban bertambah" kata Ramesh Rajasingham atas nama OCHA dan Wakil Sekjen Urusan Bantuan Kemanusiaan Martin Griffiths.


Sumber: Sputnik



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: WHO: Jumlah korban tewas karena serangan Israel di Gaza lampaui 30.000

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE