Basarnas Natuna gelar latihan SAR di perairan pulau terluar NKRI

id Basarnas,Natuna,Latihan Sar di Air,Latihan sar satuan

Basarnas Natuna gelar latihan SAR di perairan pulau terluar NKRI

Pemasangan tanda peserta oleh Kepala Kantor Basaranas Kabupaten Natuna Abdul Rahman, di Natuna, Selasa (11/6/2024). ANTARA/HO-Basarnas Natuna.

Natuna (ANTARA) -
Kantor Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, menggelar latihan pencarian dan pertolongan (SAR) di perairan pulau terluar Indonesia guna meningkatkan kemampuan para personel dalam melakukan operasi.

Kepala Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Abdul Rahman di Natuna, Selasa mengatakan kegiatan latihan SAR di pulau terluar, yakni Pulau Senua yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur, berlangsung selama tiga hari mulai 11-13 Juni 2024.

Dia mengatakan selain meningkatkan kemampuan, kegiatan SAR ini juga bertujuan untuk menguji peralatan milik mereka serta membiasakan diri para personel dalam melakukan penyelamatan di laut.

Ia juga mengingatkan para personel agar mengikuti latihan tersebut dengan bersungguh-sungguh agar kemampuan semakin bertambah.

Baca juga: KPU Natuna rekrut 88 petugas pantarlih di pulau penyangga

"Kami berharap kegiatan latihan SAR ini berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini bertujuan mempertajam dalam meningkatkan teknik operasi SAR yang lebih maksimal, sehingga dapat memberikan nilai efektif sewaktu-waktu pada pelaksanaan operasi SAR.

Secara terpisah, Pranata Pencarian dan Pertolongan Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Dwiki Hermawan mengatakan latihan SAR ini dimulai dengan kegiatan apel pembukaan di Kantor Basarnas Kabupaten Natuna pada Selasa pagi (11/6).

Baca juga: Atap tribun lapangan bola senilai Rp1,2 miliar di Natuna ambruk

Adapun materi yang diberikan pada latihan tersebut, antara lain teori tentang cara melakukan pencarian dan pertolongan serta praktek pencarian dan pertolongan.

"Teori kita laksanakan di kantor, untuk prakteknya kita akan lakukan di Perairan Pulau Senua," ucap dia.

Menurut dia, latihan SAR ini dilakukan untuk mengasah kemampuan para personel, agar mereka terbiasa menggunakan alat pencarian dan pertolongan, serta mengerti tugas dan fungsi masing-masing apabila menjalankan operasi.

"Ini merupakan kegiatan rutin Basarnas, dan kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam satu tahun," ujar dia.

Baca juga: Hari Segitiga Terumbu Karang, Basarnas Natuna tanam terumbu karang di perairan Pulau Senoa

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE