KPU Natuna pantau perekrutan petugas pantarlih di pulau-pulau penyanga

id Pilkada ,KPU,Bawaslu ,Pantarlih ,Monitoring pantarlih ,Pulau penyangga,kpu natuna,Komisi Pemilihan Umum,Kelurahan Sedanau,Desa Selaut,Desa Mekar Jaya,

KPU Natuna pantau perekrutan petugas pantarlih di pulau-pulau penyanga

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Natuna Eryanto (baju hijau) bersama timnya saat melakukan monitoring perekrutan petugas pantarlih. ANTARA/Muhamad Nurman.

Natuna (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau memantau proses perekrutan petugas pemuktahiran data pemilih (pantarlih) di pulau-pulau penyangga.

Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi saat dihubungi melalui sambungan telepon di Natuna, Jumat mengatakan tujuan pemantauan ini adalah untuk memastikan proses perekrutan berjalan dengan lancar dan aman.

"Komisioner yang lain sudah turun, Pak Bahrul Amin ke Pulau Serasan, Pak Eryanto di Bunguran Barat," ucap dia.
 
Kata dia, perekrutan petugas pantarlih telah dimulai sejak 13 Juni 2024. Panitia yang bertugas melakukan perekrutan ialah panitia pemungutan suara (PPS) di setiap desa dan kelurahan.
 
"Selain kita, pihak Bawaslu melalui PKD juga turun untuk mengawasi proses perekrutan," ujar dia.
 
Terpisah, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Natuna Eryanto mengatakan proses perekrutan petugas pantarlih di Kecamatan Bunguran Barat berjalan dengan lancar.
 
Ia berharap kondisi demikian terus berlanjut hingga proses perekrutan berakhir.
 
Kata dia, warga Natuna antusias untuk ikut berpartisipasi menjadi penyelenggara Pilkada 2024.
 
"Kita sudah melakukan monitoring di lima wilayah yakni, Kelurahan Sedanau (Pulau penyangga) Desa Selaut (Pulau Penyangga) Desa Mekar Jaya, Desa Binjai dan Desa Pian Tengah," ucap dia.
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau mengajak masyarakat di daerah itu untuk menjadi petugas pemuktahiran data pemilih (pantarlih) Pilkada 2024.
 
Sebelumnya, Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi mengatakan pihaknya telah membuka pendaftaran calon pantarlih.

Menurut dia dengan bergabung menjadi petugas pantarlih, berarti warga sudah membantu menyukseskan Pilkada 2024. "Pendaftaran dibuka selama mulai hari ini hingga 19 Juni nanti," ucap dia.

Baca juga: Bawaslu Natuna ajak warga gabung jadi pengawas partisipatif

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE