Tarif listrik PLN Batam disesuaikan, Kementerian ESDM: untuk tingkatkan keandalan dan layanan

id kementerian esdm,tarif listrik,pln batam

Tarif listrik PLN Batam disesuaikan, Kementerian ESDM: untuk tingkatkan keandalan dan layanan

Infrastruktur ketenagalistrikan. ANTARA/HO-Humas Kementerian ESDM

Jakarta (ANTARA) - Kementerian ESDM menyebutkan penyesuaian tarif listrik (tariff adjustment) PT PLN Batam merupakan upaya untuk meningkatkan keandalan dan layanan ke pelanggan.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan pemerintah melalui Kementerian ESDM menetapkan penyesuaian tarif tenaga listrik PLN Batam, yang sejak 2017 belum memberlakukan penyesuaian tarif.

Menurut dia, penyesuaian tarif diberlakukan kepada sebagian golongan pelanggan meliputi rumah tangga mampu, bisnis dan industri menengah, serta pemerintah karena terjadi perubahan parameter makro ekonomi berupa kurs, inflasi, dan harga energi primer.

Jisman menambahkan parameter ekonomi makro yang digunakan untuk tariff adjustment triwulan III 2024 telah berubah signifikan dari asumsi ekonomi pada 2017.

"Perubahan tersebut di antaranya kurs sebesar Rp15.656,22 per dolar AS dari Rp13.300 per dolar AS, harga gas sebesar 6,39 dolar AS per MMBTU dari 5,8 dolar/MMBTU, dan harga batu bara sebesar 65,90 dolar AS/ton dari 58 dolar/ton," kata dia.

Penerapan tariff adjustment triwulan III 2024 PLN Batam antara 6,00-9,83 persen hanya untuk 11 dari 23 golongan pelanggan.

"Pemerintah sangat berhati-hati dalam menerapkan tariff adjustment dengan tetap menjaga daya saing industri di Batam, sehingga sebagian golongan tarif di Batam masih di bawah biaya pokok penyediaan tenaga listrik," kata Jisman.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penyesuaian tarif listrik PLN Batam untuk keandalan dan layanan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE