Gempa letusan dominasi aktivitas Gunung Semeru

id aktivitas gunung semeru,dominasi gempa letusan

Gempa letusan dominasi aktivitas Gunung Semeru

Foto dok. Gunung Semeru erupsi yang terpantau Pos Pengamatan Gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (3/7/2024) pukul 11.05 WIB (ANTARA/HO-PVMBG)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gempa letusan masih mendominasi aktivitas Gunung Semeru  yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Pada pengamatan kegempaan periode Kamis (4/7) pukul 00.00-24.00 WIB, Semeru tercatat mengalami 159 kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 10-22 mm, dan lama gempa 55-132 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang, Jumat.

Menurutnya gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang tersebut mengalami 12 kali gempa guguran dengan amplitudo 2-8 mm dan lama gempa 32-78 detik.

"Selain itu juga terekam mengalami 12 kali gempa hembusan dengan amplitudo 3-8 mm, dan lama gempa 28-74 detik, kemudian enam kali gempa tektonik Jauh dengan amplitudo 16-40 mm," tuturnya.

Gempa getaran banjir juga terekam di Gunung Semeru dengan amplitudo 10 mm dan lama gempa 2.026 detik karena hujan deras mengguyur puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

Sementara Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan petugas melakukan evaluasi aktivitas Gunung Semeru secara bertahap.

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh hingga 30 Juni 2024, maka tingkat aktivitas Gunung Semeru tetap pada level III atau siaga dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan ancaman bahaya terkini," ujarnya.

Ia mengatakan pihaknya memberikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi).




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa letusan masih mendominasi aktivitas Gunung Semeru di Lumajang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE