Di Perbatasan Remaja Masjid Laksanakan Pengibaran Bendera

id Perbatasan,Remaja,Masjid,proklamasi,batam,kemerdekaan,Pengibaran,Bendera

Batam (Antara Kepri) - Di Kota Batam Kepulauan Riau, perbatasan antara Indonesia dan Singpura, remaja masjid melaksanakan upacara pengibaran bendera memperingati HUT RI ke-69, Minggu.

Upacara pengibaran bendera oleh Forum Remaja Masjid Jami' Al Kautsar Taman Sari itu sengaja dilakukan guna memperkuat rasa nasionalisme remaja, khususnya yang tinggal di perbatasan, kata pembina Formas Jami' Al Kautsar, Agus H.

"Upacara ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan," kata dia.

Upacara yang dilakukan di depan masjid yang terletak di tengah-tengah perumahan itu diikuti puluhan remaja masjid dan juga warga perumahan.

Dalam doa yang dipanjatkan anggota Formas dalam upacara itu, para remaja berharap agar diberikan rasa nasionalisme yang tinggi dan lebih mencintai tanah air.

Selain upacara, remaja masjid juga mengadakan berbagai perlombaan rakyat yang biasa dilaksanakan pada 17 Agustus, di antaranya balap karung, makan kerupuk, panjat pinang, dan mengambil uang dari buah pepaya.

Perayaan HUT RI di Batam tahun ini relatif lebih meriah ketimbang tahun lalu. Jumlah rumah, pertokoan dan perkantoran yang memasang bendera merah putih pada HUT RI ke-69 relatif meningkat ketimbang HUT RI ke-68.

Selain itu, Pemerintah Kota juga mengadakan panggung hiburan yang menghadirkan artis ibu kota Siti Badriah untuk menghibur warga.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan panggung hiburan itu sengaja digelar untuk menciptakan pesta rakyat.

Sementara itu, setelah memperingati Detik-Detik Proklamasi, Wakil Wali Kota Batam Rudi menyampaikan harapannya agar peringatan HUT RI dapat mengobarkan semangat persatuan di antara elemen masyarakat.

"Kami harapkan, perjuangan mencapai kemerdekaan itu tertanam dalam sanubari masyarakat. Sehingga, kita sama-sama memahami keharusan menjaga persatuan," kata dia.

Selain itu, ia juga berharap peringatan HUT RI juga bisa menumbuhkan semangat penyelenggara pemerintahan untuk melayani masyarakat dengan baik. (Antara)

Editor: Rusdianto
Editor: Jo Seng Bie
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar