Tanjungpinang Wakili Indonesia ke Lokakarya Urban Nexus

id Tanjungpinang,Wakil,Indonesia,Lokakarya,Urban,Nexus

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Wali Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, dan Wali Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mewakili Indonesia mengikuti lokakarya Program Urban Nexus di Filipina selama sepekan.

"Tadi pagi Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah berangkat ke Filipina untuk mengikuti lokakarya itu," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Tanjungpinang Faisal Pahlevi saat menghadiri acara peresmian Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Bintan, Senin.

Program Urban Nexus dilahirkan oleh Bappenas Indonesia dengan organisasi internasional bidang pembangunan dan pelestarian lingkungan Jerman.

Organisasi yang menyeleksi kepala daerah untuk mengikuti lokakarya tersebut, "Gesselschaft fur Internationale Xusammenarbeir" bergerak di bidang pembangunan yang ramah lingkungan.

Penyeleksi memutuskan Wali Kota Pekanbaru dan Wali Kota Tanjungpinang mengikuti pelatihan pembangunan ramah lingkungan. Kegiatan itu dibiayai oleh penyelenggara.

"Ruang gerak program Urban Nexus sekarang mengarah ke Asia Tenggara," katanya. 

Dia mengatakan program Urban Nexus merupakan lokakarya yang dilaksanakan dua kali dalam setahun Pesertanya perwakilan dari kota-kota berbagai belahan dunia untuk memaparkan perkembangan pembangunan di masing-masing wilayah.

"Pada lokakarya ini Wali Kota Tanjungpinang akan memberikan pemaparan mengenai perkembangan proyek Urban Nexus, dan juga kendala yang dihadapi serta keuntungan yang diharapkan dari terlaksananya proyek tersebut," ujarnya.

Dia mengemukakan Tanjungpinang menjadi percontohan pertama dari lima kabupaten dan kota se-Indonesia untuk pembangunan berbasis ramah lingkungan.

Kota yang terpilih menjadi target program tersebut akan mendapat bantuan bimbingan teknis dalam pembangunan infrastruktur dan sumber daya perkotaan yang terintegrasi, terutama dalam pengelolaan air limbah, penyediaan air baku, pengelolaan sampah, transformasi energi terbaharukan, dan efisiensi energi dalam rancangan konstruksi bangunan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE