Tahanan Coblos di TPS Dekat Mapolres Tanjungpinang

id Tahanan,Coblos,TPS,pilkada,pemilihan,gubernur,kepri,Mapolres,Tanjungpinang

Saya sudah membahas rencana tersebut dengan Kapolres Tanjungpinang. Pihak kepolisian dan penyelenggara pemilu akan memverifikasi identitas para tahanan untuk mengetahui siapa yang berhak menggunakan hak pilih
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Puluhan tahanan polisi akan menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di di dekat Markas Polres Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan pihaknya tidak menyediakan TPS khusus untuk para tahanan, namun mereka tetap dapat menggunakan hak pilih pada Pilkada Kepri 9 Desember 2015.

"Saya sudah membahas rencana tersebut dengan Kapolres Tanjungpinang. Pihak kepolisian dan penyelenggara pemilu akan memverifikasi identitas para tahanan untuk mengetahui siapa yang berhak menggunakan hak pilih," ujarnya.

Berdasarkan data pihak kepolisian, kata dia jumlah warga yang ditahan di Kepolisian Sektor dan Polres Tanjungpinang sebanyak 41 orang, namun belum dapat dipastikan apakah seluruhnya memenuhi persyaratan sebagai pemilih atau tidak.

Tahanan yang berhak mencoblos pada hari pemungutan suara harus mengantongi KTP yang diterbitkan Dinas Kependudukan di Kepri. Tahanan yang memiliki KTP asal Kepri akan ditetapkan sebagai pemilih tambahan tahap kedua.

"Mereka dapat menggunakan hak suara pada 9 Desember 2015 pukul 12.00-13.00 WIB," ujarnya.

Robby mengatakan para tahanan itu akan dikawal ketat oleh anggota kepolisian mulai dari keluar dari sel, di TPS hingga kembali ke sel tahanan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang tidak diinginkan.

Selain mengawal para tahanan tersebut, anggota kepolisian juga akan mengawal tahanan di Rutan Tanjungpinang yang memiliki hak menggunakan hak suara.

KPU Tanjungpinang juga tidak membangun TPS di Rutan Tanjungpinang. Para tahanan yang memiliki hak pilih akan menggunakan hak suara di TPS yang berdekatan dengan Rutan Tanjungpinang.

"Petugas pemungutan suara sudah berkoordinasi dengan pihak Rutan Tanjungpinang terkait permasalahan itu," tuturnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE