Lingga Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

id Lingga,Terima,Penghargaan,Kabupaten,Peduli,HAM,hak,asasi,manusia

Lingga Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Bupati Lingga Alias Wello menerima penghargaan kabupaten peduli HAM dari Menkumham Yasonna Laoly. (antarakepri.com/Istimewa)

Lingga (Antara Kepri) - Kabupaten Lingga menerima penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Lingga Alias Wello dari Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly pada peringatan Hari HAM Sedunia ke 69, di Surakarta Jawa Tengah, Minggu.

"Iya pak, Bupati menerima penganugerahan penghargaan untuk Lingga sebagai Kabupaten yang peduli terhadap HAM, dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham)," kata Asward Asisten Pemerintah Bupati Lingga saat dihubungi Antara di Surakarta yang ikut hadir dalam Penganugerahan itu.

Menurutnya, ada 32 kabupaten/kota yang menerima penghargaan tersebut dan Kabupaten Lingga salah satunya yang berhasil meraih penghargaan tersebut, setelah melalui beberapa verifikasi dari tim yang dibentuk oleh Kemenkumham.

Penganugerahan ini diharapkan dapat menjadi modal sekaligus pemicu bagi Kabupaten Lingga untuk terus memperjuangkan hak-hak yang mendasar bagi masyarakat kedepannya. Salah satunya adalah hal yang berhubungan dengan hak asasi manusia, dan peraturan perundang-undangan.

Selain Kabupaten Lingga, beberapa kabupaten/kota di Kepri seperti Bintan, Karimun, Natuna, Anambas dan Tanjungpinang serta Batam juga menerima penghargaan ini. Penilaian ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 34 tahun 2016 tentang kriteria daerah kabupaten/kota peduli HAM.

Selain itu ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi yang disingkat dengan RANHAM yang memuat sasaran, strategi, dan fokus kegiatan prioritas rencana aksi nasional hak asasi manusia Indonesia dan digunakan sebagai acuan kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dalam melaksanakan penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM di Indonesia.

Yang dimaksud dengan aksi HAM adalah kegiatan atau program sebagai penjabaran lebih lanjut dari RANHAM untuk dilakukan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Adapun untuk Sekretariat Bersama RANHAM adalah unit pelaksana RANHAM yang dibentuk untuk mengoordinasikan, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan RANHAM di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Hampir seluruh persyaratan tersebut dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Lingga sehingga berhasil meraih penghargaan dari Presiden tersebut melalui Menteri Hukum dan HAM. (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar