BMKG minta nelayan waspada gelombang capai 3 meter

id BMKG,gelombang,perairan,kepri,nelayan

Transportasi laut melintasi perairan Pulau Penyengat, Tanjungpinang. (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengimbau nelayan di Kepulauan Riau mewaspadai potensi tinggi gelombang mencapai 1,5 hingga 3 meter selama seminggu ke depan.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Diana Siregar,  mengungkapkan, untuk wilayah Tanjung Balai Karimun, Batam, Lingga, Bintan dan Tanjungpinang tinggi gelombang berpotensi mencapai 1,5 meter, sementara Anambas dan Natuna berpotensi mencapai 2 hingga 3 meter.

"1,5 hingga 3 meter itu termasuk gelombang kategori sedang, ini harus diwaspadai oleh pelaut," ujar Diana di Tanjungpinang, Senin (3/12).

Selain nelayan, lanjut Diana, masyarakat Kepri khususnya pengguna transportasi laut yang akan melakukan aktivitas penyeberangan antarpulau juga diimbau senantiasa memperbaharui kondisi cuaca terbaru ke BMKG maupun pihak terkait lainnya guna menghindari terjadinya kecelakaan laut. 

Menurut Diana, potensi gelombang tinggi disebabkan pertemuan massa udara di sekitar wilayah Kepri. Hal itu, sebutnya, menimbulkan pertumbuhan awan konvektif seperti Cumulonimbus (CB) yang kemudian menyebabkan terjadinya hujan lokal disertai petir. 

"Selanjutnya angin yang bertiup dari arah barat laut sampai timur laut dengan kecepatan 05-30 km/jam," tutupnya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar