Perhelatan olah raga batal dan ditunda karena virus corona

id Virus Corona,Event Olah Raga Virus Corono,Grand Prix China, Piala AFC

Perhelatan olah raga batal dan ditunda karena virus corona

Foto dokumentasi 14 April 2019; Sirkuit Internasional Shanghai di Shanghai, China. Grand Prix China salah satu event olah raga kelas atas yang ditunda akibat wabah virus corona. (REUTERS/Aly Song)

Jakarta (ANTARA) - Virus corona sudah menewaskan lebih dari 1.300 orang dan menginfeksi lebih dari 60.000 orang di China setelah muncul akhir tahun lalu di Wuhan, ibukota Provinsi Hubei di China bagian tengah.

Berikut adalah daftar perhelatan olah raga internasional yang waktu penyelenggaraannya dipengaruhi oleh wabah, dikutip dari Reuters.

ATLETIK
- Kejuaraan Dunia Atletik Indoor, dijadwalkan di Nanjing dari 13 sampai 15 Maret, ditunda hingga tahun depan. World Athletics dan panitia tengah membahas tanggal pelaksanaan kejuaraan dua tahunan itu pada 2021.
- Asosiasi Atletik Asia membatalkan kejuaraan atletik indoor pada 12-13 Februari di Hangzhou.



SEPAK BOLA
- Pertandingan Liga Champions Asia yang melibatkan klub Cina Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG ditunda.
Klub Guangzhou dan Shanghai akan bergabung dengan kompetisi pada April yang pertandingan grupnya semestinya dimainkan Mei.
Shanghai Shenhua dan Shanghai SIPG dijadwalkan bertanding melawan tuan rumah Perth Glory dan Sydney FC namun pihak berwenang Australia berusaha menjadwal ulang pertandingan setelah pemerintah memberlakukan larangan perjalanan terhadap warga negara asing yang datang dari China.
- Turnamen kualifikasi Olimpiade melibatkan empat tim putri terdiri dari China, Australia, Taiwan, dan Thailand telah dipindahkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) dari Wuhan ke Australia.
- Vietnam mengatakan tidak akan mengizinkan event-event olah raga diadakan pada Februari. Ini artinya pertandingan kandang babak grup Piala AFC di Kota Ho Chi Minh dan Than Quang Ninh harus dialihkan ke pertandingan tandang.
Kota Ho Chi Minh sekarang akan menghadapi Yangon United di Myanmar pada 11 Februar, sedangkan Than Quang Ninh bertemu Ceres Negros pada 25 Februari di Filipina.
- Asosiasi Sepak Bola China mengatakan semua pertandingan domestik di semua divisi ditunda.
- AFC mengatakan pertandingan babak kualifikasi Zona Timur Piala AFC 2020 ditunda beberapa bulan lagi untuk dimulai kembali pada 7 April gara-gara adanya pembatasan perjalanan di beberapa negara.

FORMULA SATU
- Grand Prix China di Shanghai sudah ditetapkan 19 April namun ditunda oleh otoritas balap otomotif FIA dan Formula Satu.
Pihak berwenang akan mempertimbangkan kemungkinan tanggal alternatif akhir tahun ini jika situasi membaik.

FORMULA E
- Seri balap motor Formula E semua kendaraan listrik membatalkan rencana balapan di Sanya pada 21 Maret.

TENIS
- Federasi Tenis Internasional memindahkan event Grup I Asia/Oseania Fed Cup yang terdiri dari China, Taiwan, Indonesia, Korea Selatan, dan Uzbekistan dari Dongguan ke Nur-Sultan (sebelumnya Astana) di Kazakhstan.
Tetapi event 4-8 Februari ditunda setelah Kazakhstan menolak menjadi tuan rumah pengganti.

BULU TANGKIS
- Turnamen China Masters 25 Februari hingga 1 Maret di Hainan ditunda setelah beberapa pemain mengundurkan diri. BWF berharap Kejuaraan Bulutangkis Asia masih bisa berlanjut di Wuhan pada 21-26 April.
- China dan Hong Kong terpaksa mengundurkan diri dari Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia pada 11-16 Februari di Manila, kata penyelenggara.

TINJU
- Komite Olimpiade Internasional mengumumkan Yordania menjadi tuan rumah kualifikasi tinju untuk Asia dan Oseania setelah event di Wuhan dibatalkan. Kini akan digelar di Amman dari 3 hingga 11 Maret.

BOLA BASKET
- Federasi Bola Basket Internasional memindahkan kualifikasi Olimpiade Tokyo 6-9 Februari dari Foshan ke Beograd.
- Pertandingan kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antara Jepang dan Cina, yang semestinya digelar di Chiba pada 21 Februari, ditunda. Pertandingan lain yang dibatalkan adalah Filipina vs Thailand (20 Februari) dan Cina vs Malaysia (24 Februari).

GOLF
- Tur golf elite sektor putri LPGA membatalkan turnamen Blue Bay pada 5-8 Maret yang semestinya diadakan di Hainan.

Tur ini juga membatalkan acara Honda LPGA Thailand di Pattaya yang dijadwalkan 20-23 Februari dan Kejuaraan Dunia Putri HSBC 27 Februari - 1 Februari di Singapura.
- PGA Tour Series-China menunda dua turnamen kualifikasi dan menunda dimulainya kampanye musim 2020-nya sampai dua bulan sehingga memangkas jumlah turnamen musim reguler dari 14 menjadi 10.

HOKI
- Pertandingan Liga Profesional Hoki antara China dan Australia, yang tadinya akan berlangsung pada 14-15 Maret di Changzhou, tidak akan dimainkan.

RUGBY TUJUH
- Pertandingan leg World Rugby Sevens antara Singapura dan Hong Kong ditunda dari April menjadi Oktober.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE