KPU Batam teruskan verifikasi faktual dukungan calon Rian Ernest

id kpu batam, william seipattiratu, rian ernest batam,rian ernest wali kota batam

KPU Batam teruskan verifikasi faktual dukungan calon Rian Ernest

Anggota KPU Kota Batam William Seipattiratu. ANTARA/Naim

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam, Kepulauan Riau, akan memverifikasi faktual dukungan warga kepada pasangan bakal calon kepala daerah/wakil kepala daerah Rian Ernest-Yusiani mulai 24 Juni 2020.

"Verifikasi faktual akan dimulai pada tanggal 24 Juni 2020 dengan standar protokol kesehatan. Verifikasi ini dilakukan dengan sensus," kata anggota KPU Kota Batam William Seipattiratu di Batam, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa petugas mendatangi rumah warga satu per satu untuk memastikan memberikan dukungan terhadap calon perseorangan Rian Ernest dan Yusiani.

Setiap anggota panitia pemungutan suara (PPS) yang melakukan verifikasi, kata dia, menggunakan masker, pelindung wajah (face shield), sarung tangan, dan cairan pembersih tangan.

"Sebelum berangkat, mereka juga diperiksa suhu tubuhnya. Kalau di atas 38 derajat Celsius, tidak boleh melanjutkan tugasnya melakukan verifikasi faktual," kata pria yang akrab disapa Willy itu.

Willy menyebutkan sebanyak 192 orang PPS akan melakukan verifikasi faktual terhadap sekitar 48.000 warga yang menyatakan dukungannya kepada Rian Ernest-Yusiani di 12 kecamata, termasuk yang berada di pulau penyangga.

Sementara itu, syarat minimal dukungan warga untuk calon kepala daerah jalur perseorangan sebanyak 48.816 orang.

Apabila di akhir masa verifikasi dukungan, jumlah pendukung kurang dari syarat minimal, kata dia, tim paslon harus mengganti dukungan warga sejumlah dua kali lipat dari kekurangan.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar