Pasien COVID-19 di Pekanbaru akan dilokalisasi di rumah susun

id wali kota pekanbaru, pekanbaru, covid-19 pekanbaru,corona pekanbaru

Pasien COVID-19  di Pekanbaru akan  dilokalisasi  di rumah susun

Rusunawa di Kota Pekanbaru. (ANTARA/Rony Muharrman)

¬†Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melokalisasi pasien positif COVID-19 tanpa gejala di rumah susun disewakan (Rusunawa) Rejosari di Teluk Lembu Ujung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru.

"Rusunawa ini akan dinamai Rumah Sehat dan disediakan bagi isolasi mandiri warga yang kurang mampu," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di Pekanbaru, Selasa.

Dia mengatakan pasien positif COVID-19 yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) tetap menjalani isolasi mandiri karena mereka tidak bisa dirawat di rumah sakit lantaran tidak memiliki keluhan kesehatan.

Kini ditemukan ada masyarakat yang positif COVID-19 dengan status tanpa gejala. Mereka harus dilokalisasi agar tidak menularkan kepada warga lainnya yang rentan dan menderita dengan penyakit ikutan.

"Maka Pemko dalam tiga hari ke depan akan menyiapkan dan mengoperasikan Rusunawa di Teluk Lembu Ujung digunakan mengisolasi OTG dari keluarga yang tidak mampu," katanya.

Nanti seluruh kebutuhan OTG yang diisolasi tersebut akan dibantu oleh Pemko Pekanbaru seperti makan, pengobatan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

"Di rumah sehat itu selama diisolasi semuanya dibantu termasuk untuk tes swabnya dan pengobatan," katanya.

Kata dia, pemerintah memang tidak menyediakan anggaran untuk perawatan rumah sakit bagi pasien positif COVID-19 dengan status OTG tersebut. Dana yang ditanggung hanya biaya ganti bagi perawatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan positif COVID-19.

"Karena tidak bisa dirawat di rumah sakit, Pemko berinisiatif melokalisasi mereka agar tidak menularkan ke orang lain," tukas Firdaus.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar