Jaringan komunikasi di Tambelan terganggu sejak bencana air bah

id internet, telkomsel, tambelan

Jaringan komunikasi di Tambelan terganggu sejak bencana air bah

Banjir bah beberapa waktu lalu di Tambelan. Foto Antara/SaudMC

Tambelan (ANTARA) - Jaringan  komunikasi seluler Telkomsel di Kecamatan Tambelan mengalami gangguan sejak banjir bah yang terjadi Minggu (10/1) lalu.

"Bisa dikatakan mati total, bahkan sampai saat ini kami kesulitan untuk berkomunikasi menggunakan seluler Telkomsel dari dan ke Tambelan, kata Kapolsek Tambelan, IPDA Missyamsu Alson  Minggu.

Menurut dia, Tambelan yang sampai saat ini belum bisa menikmati jaringan internet secara maksimal, justru mengalami masalah lain, yakni tidak bisa berkomunikasi menggunakan pesan singkat maupun telpon.

Alson menambahkan, jika melihat kondisi sebelumnya, jaringan Telkomsel di Tambelan mulai mengalami gangguan ketika provaider Indosat mencabut towernya dari Tambelan.

"Tak berselang lama ada pengerjaan yang memanjat tower Telkomsel, entah mencopot perangkat atau memasang perangkat baru, yang jelas semenjak itulah mulai tak bisa telpon ke Tambelan," tegasnya.

Alson yang sudah 2 tahun bertugas di Tambelan mengaku jika kondisi sinyal normal, kekuatan sinyal untuk akses internet cuma "edge".

Sehingga untuk mengirim data atau berkomuniasi dengan kaluarga di Tanjungpinang mesti ke layanan wifi gratis, atau membeli paket internet satelit VSAT Ubique yang biayanya tergolong mahal.

"Di Tambelan memang sudah banyak usaha wifi VSAT Ubique, tapi tidak semua bisa menggunakannya karena itu kuota yang diberikan dengan tarif yang dijual kurang ekonomis," tegasnya.

Sambung Alson, jaringan wifi gratis dari Mabes Polri yang berada di Polsek Tambelan juga mengalami gangguan sejak banjir serta tidak bisa mengakses internet sampai saat ini.

Sementara itu, pihak Telkomsel belum berhasil dikonfirmasi.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar