Natuna dorong pembentukan unit siaga SAR di tiap kecamatan

id Pembentukan pos SAR

Natuna dorong pembentukan unit siaga SAR di tiap kecamatan

Kepala KKP Natuna Mexianus Bekabel bersama Kadishub Natuna dan unsur kecamatan meninjau lokasi untuk penempatan Pos Unit Siaga SAR di Kecamatan Pulau Laut pada tahun 2020 (ANTARA/HO)

Natuna (ANTARA) - Penjabat  Sekda Kabupaten Natuna, Kepri, Hendra Kusuma mendorong pembentukan unit siaga SAR di setiap kecamatan di daerah untuk mempermudah penanganan ketika terjadi kecelakaan di laut.

Hendra menyebut wilayah Kabupaten Natuna merupakan daerah kepulauan dengan rentang kendali yang cukup jauh.

Di beberapa kecamatan seperti Serasan, Midai, dan Subi harus memiliki unit siaga SAR, ujar Hendra di Natuna, Sabtu.

“Natuna ini berbeda dari daerah daratan pada umum umumnya. Apalagi dinilai cukup rawan terjadi kecelakaan laut,” ucapnya.

Hendra mengatakan pemkab sangat mendukung Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Kabupaten Natuna supaya lebih maksimal dalam melayani masyarakat pulau terluar Indonesia itu.

Dikatakannya Kantor Basarnas Natuna yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur telah menerima hibah tanah
seluas 2300 meter persegi sekaligus pinjam pakai aset dari pemkab.

"Hibah tanah dan pinjam pakai bangunan yang dilakukan merupakan wujud apresiasi dan dukungan dari pemkab kepada Basarnas yang telah melayani masyarakat dengan maksimal," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga meminjamkan satu unit bangunan yang dipinjamkan berlokasi di Kecamatan Pulau Laut untuk dijadikan Pos Unit Siaga SAR.

“Sebidang tanah yang kita hibahkan saat ini telah resmi menjadi aset KPP Natuna, yang direncanakan untuk perluasan KPP Natuna dan Pos SAR Kecamatan Pulau Laut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Mexianus Bekabel mengaku sudah berencana membentuk unit SAR di Kecamatan Midai, Subi dan Serasan.

“Mudah-mudahan ke depan KKP Natuna bisa naik kelas ke tipe A, jadi kita bisa merekrut seratus lebih orang untuk membantu tugas pokok SAR,” imbuh Mexianus.

Tak lupa, Mexianus pun mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Natuna yang telah mendukung pihaknya melalui hibah tanah dan bangunan.

Pihaknya berjanji akan memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat Natuna dalam bidang pencarian dan pertolongan.

Pewarta :
Editor: Nurjali
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar