Peringati Hari Bakti Rimbawan, Wamen LHK pimpin kegiatan penanaman pohon serentak

Peringati Hari Bakti Rimbawan, Wamen LHK pimpin kegiatan penanaman pohon serentak

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong memimpin kegiatan penanaman serentak seluruh Indonesia di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong memimpin kegiatan penanaman serentak seluruh Indonesia di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis.

Selain Wamen Alue Dohong, turut hadir pula Forkopimda Provinsi NTB, Forkopimda Kabupaten Lombok Timur, Direktur Perbenihan Tanaman Hutan, Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Bali Nusa Tenggara, dan para Kepala UPT lingkup KLHK di Provinsi NTB dalam kegiatan penanaman pohon tersebut.

Kegiatan penanaman pohon kali ini bertepatan dengan momentum Hari Bakti Rimbawan yang diperingati setiap tanggal 16 Maret. Selain itu, kegiatan penanaman pohon serentak ini merupakan kali ke-empat dilaksanakan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Pada kesempatan Hari Bhakti Rimbawan ke-41 ini, saya mengajak seluruh rimbawan baik di Kementerian LHK, pemerintah daerah, bisnis leaders dan para aktivis, para pemangku kepentingan yang ada dan seluruh masyarakat, untuk dapat bersama bahu membahu memberikan kontribusi pemikiran dan kegiatan nyata di tingkat tapak secara masif dan terukur, ujar Alue pada sambutannya. 

Lebih lanjut, Wamen Alue Dohong mengungkapkan bahwa pohon ini penting bagi kehidupan kita, karena salah satu fungsinya sebagai sumber oksigen. Dampak penanaman pohon ini selain bermanfaat bagi manusia juga bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya serta bagi generasi mendatang.

Lokasi penanaman serentak di Provinsi NTB berada di Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, yang merupakan lokasi kegiatan zona pemanfaatan Resort Sembalun, Seksi Pengelolaan TN Wilayah II, Balai TNGR, dengan luas lokasi penanaman kurang lebih 1 hektar.

Pada kesempatan tersebut, Wamen Alue Dohong menanam pohon Kelicung yang merupakan pohon endemik Gunung Rinjani. Wamen Alue pun berpesan agar jangan sampai pohon endemis di NTB keberadaannya hanya tinggal di buku sejarah, atau mungkin di kebun raya.

"Kita jaga pohon yang ada ini, kita pelihara, bahkan kita tambah melalui kegiatan penanaman pohon secara rutin," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas LHK Provinsi NTB Julmansyah turut hadir mewakili Pj. Gubernur NTB. Julmansyah menyampaikan Pemerintah Provinsi NTB terus berkomitmen dalam menjaga lingkungan dengan menjalankan berbagai program strategis, di antaranya NTB Hijau, NTB Zero Waste, dan NTB Asri-Lestari.

Usai penanaman pohon, Alue Dohong melanjutkan kunjungan kerjanya dengan meresmikan Sapras Wisata Destinasi Wisata Non Pendakian di obyek wisata Sebau, yang masih berada di kawasan TNGR. Dilanjutkan meresmikan fasilitas Camping Ground di Taman Wisata Alam Gunung Tunak di Kabupaten Lombok Tengah NTB.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024