Pemkot Batam Lestarikan Permainan Perahu Jong

id Pemkot,Batam,Lestari,lomba,Permainan,Perahu,Jong,tradisional,melayu,riau

Pemkot Batam Lestarikan Permainan Perahu Jong

Festival Jong rutin diadakan tiap tahun di lokasi tersebut, tahun ini lebih dari 120 tim turut ambil bagian, termasuk dari luar Batam seperti Bangka Belitung, Malaysia dan Singapura yang terbagi dalam tiga kategori lomba berdasar ukuran Jong. (antara

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, melestarikan permainan khas masyarakat Melayu pesisir yaitu perahu Jong dengan menyelenggarakan lomba yang diikuti perwakilan dari berbagai kabupaten/kota di Kepri, Riau, dan Bangka Belitung.

Kepala Bidang Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Batam Rudi Panjaitan mengatakan di Batam, Rabu, Perlombaan Perahu Jong akan diselenggarakan di Perairan Batu Besar, Nongsa, Sabtu (8/3).

"Hingga saat ini yang sudah mendaftar sekitar 120 jong. Pesertanya sebagian besar dari luar kota," kata Rudi.

Peserta perahu jong berasal dari Bangka Belitung, Pelelawan, Bengkalis, Karimun, Bintan dan Tanjungpinang.

Perahu Jong merupakan kapal layar warna-warni kecil tanpa awak, berukuran sekitar 50 cm yang diadu cepat mengandalkan tiupan angin.

Rudi mengatakan perahu Jong adalah permainan rakyat pesisir yang harus dilestarikan, agar tidak punah di tengah derasnya arus globalisasi di kota yang berseberangan dengan Singapura.

"Kebudayaan ini harus kami jaga sebaik mungkin," kata dia.

Dalam Pesta Rakyat Nongsa, lomba Perahu Jong dibagi dalam tiga kategori, yaitu kapal kecil, sedang dan besar.

Perlombaan perahu Jong diadakan tiap tahun, atas kerja sama antara Pemkot Batam dengan masyarakat tempatan yang peduli dengan pelestarian budaya.

Meskipun rutin diadakan, namun perlombaan itu belum masuk dalam daftar agenda rutin kegiatan pariwisata Pemkot Batam.

Rudi mengatakan pihaknya berupaya memasukan acara itu dalam agenda pariwisata rutin agar dapat disaksikan wisatawan mancanegara yang datang ke kota industri.

"Kegiatan ini menarik dan akan kami promosikan ke negara tetangga dan diharapkan mampu menjadi daya tarik kunjungan wisata ke Batam," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE