Pemkab Anambas Sukses Buka Keterisolasiannya

id Pemkab Anambas, Sukses, Buka, Keterisolasiannya, Radja

Anambas (Antara Kepri) - Salah satu program Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas dari awal terbentuknya Pemerintahnya yakni membuka keterisolasian daerah , membuka akses hubungan (connectivity)  antara satu desa dengan yang lainnya yang dinilai pada awalnya terisolasi.
Penilaian Pemerintah Daerah pada saat itu terdapat dipulau Jemaja yang memiliki daerah terisolasi yang jauh dari daerah lain,  dan penilian itu jatuh kepada  didesa Genting Pulur di kecamatan Jemaja Timur.
Maka oleh karena itu, dengan kemampuan semaksimal mungkin  Pemkab Anambas dari awal telah menganggarkan untuk membuka jalan-jalan baru, karena jalan yang lama di daerah itu sudah tidak mungkin akan dipelihara dan di rawat terus, karena jalanya sudah tidak memenuhi syarat, yakni jauh dan perawatanya cukup berat.
"Kalau tetap kita rawat jalan yang lama maka desa Genting Pulur  tidak akan terbuka dan tetap akan terisolasi, makanya waktu kepala desanya pak Rivai  saya sudah menginggatkan, Pak Rivai kita bikin jalan nanti dari belakang SD, dengan terbukanya jalan itu Insyaallah desa Genting Pulur akan terbuka", ungkap Bupati  Kepulauan Anambas, T.Mukhtaruddin di mesjid Nurul Iman (19/07) malam.
Bupati menjelaskan , pada tahun pertamanya  sebagai Bupati defenitifnya anggaran tersebut sudah anggarkan , setelah di hitung alokasi anggaranya kurang, makanya gagal, pada tahun ke 2 dia gagal kembali dilelang karena tidak ada yang mendaftar karena waktunya sudah terlambat dan  ini yang ke 3 kalau tidak salah saya dan yang ke 3 ini Alhamdullilah.
Jadi sebelumnya  membuka jalan-jalan ditahun yang lalu dan sekarang peningkatannya. Sebelumnya, Bupati juga pernah mengatakan , sebelum jalan ke Genting Pulur masuk melalui jalan baru Dia tidak akan masuk ke Genting Pulur dan begitu jalan itu dibuka kemaren bisa melawati mobil,  mobil Bupati yang pertama masuk ke desa itu ."Alhamdullilah begitu jalan itu dibuka kemaren bisa melewati mobil, mungkin mobil Bupati yang pertama kesini" , katanya.
Dijelaskanya, memang pada saat itu bapak-bapak tidak Saya kumpulkan, Saya hanya minum cendol disamping itu, kemudian saya bertekat lagi  harus ditingkatkan supaya sempurna desa Genting Pulur ini terbuka aksesnya  ke pusat pemerintah dan ke desa-desa lain dan terlihat pada tahun ini sudah dibangun batu miringnya .
Dengan peningkatan jalan keluar masuk tersebut otomatis aktivitas dapat berjalan dengan baik , pendidikan, kesehatan juga akan mudah  karena aksesnya sudah lancar, kalau sekolah disini tidak cukup akan dibangun lagi  apa lagi yang dibutuhkan postu , kalau memang sangat dibutuhkan nanti kita bangun.
"Jadi tangung jawab saya untuk membuka isolasi daerah terpencil untuk pulau Jemaja  Alhamdulilah sudah selesai tinggal penyelesain pembagunannya", katanya.
Kemudian Bupati menambahkan , Hal itu juga dilakukan bukan hanya di pulau Jemaja saja tetapi di Siantan juga  dan Dia bertekat bagaimana pun upaya desa Air bini bisa ditempuh dari Terempa dengan jalan darat dan sekarang sudah bisa hanya jalanya belum sempurna dan insyaalah tahun ini dan tahun depan sempurna.
Dipulau Palmatak juga demikian seperti desa Langir selama ini terisolasi ,  tapi sekarang sudah 2 akses jalan yang dibangun yaitu dari desa Tebang ke Langir dan dari Payalaman ke Langir dengan jalan Beton.
Jadi kita dari pemerintah daerah tidak ada yang menganaktirikan dan menganak kandungkan daerah- daerah yang dibawah binaannya, 3 pulau besar di Kepulauan Anambas  masing-masing programnya sama dan masing mendapatkan bagian yang sama (Antara ).

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE