Kepri Anggarkan Rp1 Miliar untuk Pengembangan Kebudayaan

id Kepri,Anggaran,Pengembangan,Kebudayaan

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menganggarkan Rp1 miliar untuk pengembangan sekaligus pelestarian kebudayaan di seluruh kabupaten kota di provinsi itu pada APBD Provinsi 2014.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemprov Kepri Arifin Nasir di Batam, Selasa, mengatakan anggaran itu diberikan untuk sanggar-sanggar kebudayaan dan juga seniman yang dianggap bekerja keras demi pengembangan dan pelestarian budaya daerah.

Pemprov Kepri menganggarkan memberikan bantuan senilai Rp24 juta untuk 28 sanggar yang terpilih serta 14 seniman beruntung yang diberikan dana insentif senilai Rp12,5 juta masing-masing.

"Kami sudah melakukan seleksi kepada sanggar dan seniman yang berhak menerima. Sekarang masih menunggu administrasi mereka terkirim," kata Arifin.

Rencananya, insentif dan bantuan itu akan diberikan pada saat perayaan HUT Kepri ke-12 pada September 2014.

Dengan bantuan yang diberikan, Pemprov Kepri berharap sanggar dan seniman dapat lebih optimal dalam berkreasi. Apalagi Kepri kaya akan seni dan budaya daerah.

"Harus membangun kebudayaan bersama-sama," kata dia.

Sementara itu, Arifin berharap program pemberian insentif dan perhatian terhadap kebudayaan yang dilakukan Pemprov Kepri diikuti seluruh pemerintah kabupaten kota di dalamnya, agar kegiatan bisa berkesinambungan dan sejalan.

Sampai saat ini, kata dia, Pemprov melihat peran kabupaten kota terhadap pengembangan dan pelestarian budaya belum maksimal, sehingga Pemprov seakan bekerja sendiri.

"Kabupaten kota juga perlu memberdayakan, sehingga nyambung dengan kami. Kalau ada permintaan dari pusat pun langsung bisa dipenuhi," kata dia.

Ia menilai, pengembangan budaya yang dilakukan Pemprov Kepri selama ini berjalan relatif sukses, melihat banyaknya penghargaan yang diterima pelaku seni di Kepri dalam acara-acara nasional.

Penari Kepri kerap menjuarai berbagai lomba tingkat nasional, baik itu golongan remaja hingga senior.

Bahkan, perwakilan penari Kepri juga selalu mendapatkan penghargaan dalam Parade Tari Nusantara yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah setiap tahun. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE