Pelabuhan Pering Pusat Perikanan Natuna

id Pelabuhan,Pering,Pusat.Perikanan,Natuna

Natuna (Antara Kepri) - Pelabuhan Pering di ujung Bandara Ranai, Natuna pada 2015 akan dijadikan pusat perikanan dan kampung nelayan.

"Tahun depan, Pemerintah Daerah Natuna akan manjadikan Pelabuhan Pering sebagai pusat perikanan dan juga sebagai kampung nelayan. Pelabuhan ini nantinya akan bertaraf nasional," ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Natuna, Wahyu Nugroho, Senin, 

Pelabuhan tersebut, kata Wahyu, akan dilengkapi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan juga sebagai Pengkalan Pendaratan Ikan (PPI) di samping prasarana pendukung lainnya seperti pabrik es dan SPBU untuk nelayan.

"Pelabuhan Pering itu akan didukung TPI, PPI serta sarana pendukung seperti pabrik es dengan kapasitas 25 ton per hari, serta SPBU bagi kapal nelayan," katanya.

Yang membangun sarana perikanan ini jelas Wahyu, murni dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan nilai anggaran sebesar Rp9.1 Miliar. Sedangkan dari APBD Natuna hanya sisi pelabuhan.

Dalam pengelolaan nantinya kata Wahyu, akan diserahkan kepada pihak ketiga dalam hal ini Perusahaan Daerah (Perusda) Natuna.

"Pengelola pelabuhan ini, akan kita serahkan kepada pihak ketiga dalam hal ini Perusda Natuna. Perlu diketahui, dana untuk membangun pusat perikanan ini murni dari pemerintahan provinsi Kepri, sedangkan sisi pelabuhan dari APBD Natuna," jelasnya.

Bukan itu saja tambah Wahyu, Pelabuhan Selat Lampa juga akan di perluas pada tahun 2015 dengan dana bantuan dari pusat.

"Bukan Pusat Perikanan Pering saja yang akan di bangun pada tahun 2015 nanti, pelabuhan Selat Lampa juga akan diperluas. Kajian-kajian dari Kementrian Kelautan juga sudah dilakukan beberapa waktu lalu," tukasnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE