Bappenas Naikkan Dana Infrastruktur 2,5 Kali Lipat

id Bappenas,Dana,Infrastruktur,anggaran,batam

Batam (Antara Kepri) - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (bappenas)  menaikkan alokasi dana insfrastruktur menjadi 2,5 kali lipat pada tahun depan demi percepatan pembangunan nasional.

"Persisnya, alokasi dana insfrastruktur 2,5 kali lipat," kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Kepala Bappenas Andrinof Chaniago usai rapat koordinasi bersama Bappeda kabupaten kota provinsi Riau dan Kepulauan Riau di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, anggaran untuk insfrastruktur itu dikonsentrasikan pada prioritas pangan maritim kelautan, listrik, pengembangan kawasan, infrastruktur jalan dan perluasan bandara.

Hal itu demi pemerataan pembangunan antarwilayah di luar Pulau Jawa.

Ia mengatakan seluruh bandara perintis akan diupayakan ditingkatkan hingga memiliki kemampuan untuk didarati pesawat herkules.

Ditanya mengenai pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Bintan, ia mengatakan sampai saat ini belum masuk dalam prioritas Bappenas.

"Babin belum. Seingat saya belum," kata dia.

Sedangkan Natuna, Lingga dan beberapa daerah kepulauan lainnya dipastikan menjadi kawasan prioritas pembangunan oleh Bappenas.

Di daerah-daerah pesisir itu, pemerintah akan membangun dermaga baru, perpanjangan dermaga, pelabuhan dan fasilitas perikanan.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Natuna, Hardinansah, mengharapkan dukungan pemerintah untuk pengembangan maritim.

Menurut dia, Natuna sangat potensial dikembangkan sebagai daerah tangkapan ikan di Indonesia. Sedangkan untuk pengolahan, ia menyarankan agar ditempatkan di Pulau Batam atau Pulau Bintan yang lebih strategis.

"Pengolahannya bisa di Batam atau Bintan, Natuna menjadi daerah tangkapan," kata dia.

Selain menyampaikan potensi Natuna, ia juga meminta pemerintah pusat menambah pelayaran rutin ke daerah itu demi memperlancar konektivitas warga dan barang.

Saat ini, kata dia, dalam sebulan, kapal hanya melalui Natuna dua kali, sehingga menghambat keterhubungan warga antarpulau. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE