Hari Buruh Batam Dipusatkan di Dua Tempat

id Hari,Buruh,Batam,may,day

Batam (Antara Kepri) - Perayaan Hari Buruh atau May Day di Kota Batam Kepulauan Riau pada 1 Mei 2015 dipusatkan di dua tempat untuk memecah konsentrasi pekerja yaitu di dekat kawasan industri, Mukakuning, dan di sekitar Kantor Pemerintah Kota Batam.

"Kami gelar di dua tempat, agar muat. Kalau di Batam Center (Kantor Pemkot Batam) semua, tak cukup tempat. Makanya dibagi dua lokasi," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Batam, Jumat.

Ia mengatakan pada aksi pekerja di Pemkot Batam akan diterima Wali Kota dan di Mukakuning akan diterima Wakil Wali Kota Rudi.

Diperkirakan, pekerja yang datang ke Kantor Pemkot yaitu yang bekerja di Kawasan Industri Sekupang, Batuampar, Kabil dan lainnya. Sementara pekerja yang kumpul di Mukakuning berasal dari kawasan industri sekitar Mukakuning dan Tanjunguncang.

"Meski hari libur, kami tetap akan menerima buruh," kata Wali Kota.

Di tempat terpisah, Ketua Pengurus Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPI) Kepri Yoni Mulyo Widodo mengatakan dalam aksi memperingati Hari Buruh 2015, pekerja akan menyuarakan kelayakan jaminan sosial.

"Kami menitikberatkan pada kelayakan jaminan sosial," katanya.

Selain itu, pekerja akan menyoroti kesiapan implementasi program jaminan pensiun dan mendorong pemerintah untuk mengaudit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Termasuk, kami akan menuntut peningkatan upah. Kami juga akan meminta pemerintah tidak gegabah dalam menjalankan program jaminan sosial," kata dia.

Sementara Sekretaris Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, Suprapto, mengatakan akan menolak rencana pemerintah untuk merancang pembahasan upah tiap lima tahun.

"Selain itu, tuntutan kami masih pada sekitar jaminan dan upah layak," kata dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE