TNI AL Kembali Tangkap Kapal Nelayan Asing

id TNI AL Kembali, Tangkap Kapal, Nelayan Asing

 TNI AL Kembali Tangkap Kapal Nelayan Asing

Kapal patroli Kalbaruk milik Lanal Tarempa (www.antarakepri.com/Radja)

Sepertinya kapal asing tersebut baru beroperasi, saat kita melakukan penangkapan, mereka baru menarik jaring dengan trawl
Anambas (Antara Kepri)-TNI AL Lanal Tarempa kembali menangkap  kapal ikan asing asal Thailand diperairan Natuna sekitar  70  mil sebelah Tenggara Tarempa pada Selasa (5/5) pukul 17.00 WIB kemarin. 

Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Tomi Erizal mengatakan penangkapan tersebut bermula dari informasi sumber yang dapat dipercaya sehingga dirinya segera memerintahkan anggotanya dengan menggunakan kapal patroli Kalbaruk milik Lanal Tarempa guna melakukan penangkapan kapal nelayan asing dengan bobot 105 GT tersebut.

"Setelah mendapatkan informasi, segera saya perintahkan untuk menuju lokasi yang telah diinfokan kepada kita," Kata Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Tomi Erizal di kepada Wartawan di Mako Lanal Tarempa, Rabu. 

Ditempat yang sama Komandan Kalbaruk Letda laut (P) Endi Kurniawan menambahkan kapal tersebut ditangkap saat melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan jaring trawl sehingga kapal tersebut tidak mampu melarikan diri saat ditangkap. 

"Sepertinya kapal asing tersebut baru beroperasi, saat kita melakukan penangkapan, mereka baru menarik jaring dengan trawl," jelasnya.

Dia menambahkan pada pemeriksaan awal ditemukan hasil tangkap sebanyak 350 Kg alat tangkap dan 17 Anak Buah Kapal (ABK) termasuk nahkoda kapal yang kesemuanya berasal kewarganegaraan Thailand. 

Untuk mengelabui petugas, KIA tersebut juga menggunakan nama KM. Laut Natuna 15 dan tanpa menggunakan bendera dengan harapan petugas akan mengira kapal tersebut adalah kapal nelayan lokal, namun karna bentuk kapal yang sangat jauh berbeda dengan kapal nelayan lokal kebanyakan, upaya tersebut pun tak cukup mampu mengelabui TNI AL . 

"Pada pemeriksaan awal pun selain dokumen yang tidak dimiliki sama sekali, dikapal tersebut pun tidak kita temukan senjata api dan narkoba," imbuh Tomi Erizal.

Kapal nelayan tersebut selanjutnya dibawa ke pangkalan Mako Lanal Tarempa untuk proses
hukum lebih lanjut. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE