Jimly: Mahasiswa Bertanggung Jawab Tidak Golput

id Jimly,Mahasiswa,Bertanggung,Jawab,Tidak,Golput,pilkada,tanjungpinang,kepri,dkpp

Jimly: Mahasiswa Bertanggung Jawab Tidak Golput

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie (antaranews.com)

Jangan diam saja, atau memberi kritik tanpa solusi. Mahasiswa harus ikut mengawasi penyelenggaraan pemilu
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Prof Jimly Asshiddiqie mengatakan bahwa mahasiswa yang memiliki rasa tanggung jawab dan kepedulian terhadap daerahnya, tidak akan golput.

"Mahasiswa jangan golput. Mahasiswa yang golput itu, sama seperti orang yang tidak memiliki sikap," kata Jimly di Tanjung Pinang, Kepri, Kamis.

Dia menambahkan mahasiswa harus datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember 2015. Mereka harus menentukan pilihan.

"Jangan tidur pada saat pemungutan suara, datangi TPS," ujarnya.

Mahasiswa yang cerdas, menurut dia, memilih figur yang berpihak kepada masyarakat dan memiliki rekam jejak yang baik. Mereka tidak akan memilih figur yang memiliki rekam jejak yang tidak baik dan tidak berpihak kepada masyarakat.

"Mereka harus mengenal atau mengetahui siapa Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri. Jadi sikap dalam menentukan pilihan tidak sia-sia," ucapnya.

Jimly menegaskan mahasiswa juga harus datang ke TPS meski tidak menyukai seluruh peserta Pilkada Kepri 9 Desember 2015. Mereka tetap masuk ke bilik suara, dan dapat mencoblos di antara gambar figur yang bertarung.

"Itu juga sikap. Seharusnya dievaluasi peserta pilkada," katanya.

Menurut dia, mahasiswa harus cerdas dan kritis menyikapi persoalan-persoalan pilkada. Mereka dapat memberi kritikan yang konstruktif agar penyelenggaraan pilkada semakin baik.

"Jangan diam saja, atau memberi kritik tanpa solusi. Mahasiswa harus ikut mengawasi penyelenggaraan pemilu," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE