Gerak Jalan Meriahkan Perayaan Kemerdekaan di Natuna

id Gerak,Jalan,Perjuangan,Perayaan,Kemerdekaan,Natuna

Gerak Jalan Meriahkan Perayaan Kemerdekaan di Natuna

Bupati Natuna Ilyas Sabli melepas Gerak Jalan Perjuangan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70 di Pantai Kencana, Natuna. (antarakepri.com/Zam Jambak)

Natuna (Antara Kepri) - Gerak Jalan Perjuangan memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Gerak jalan itu dilepas oleh Bupati Natuna Ilyas Sabli dan dihadiri oleh Ketua DPRD dan anggota, FKPD, SKPD serta tokoh dan masyarakat Natuna berjalan lancar, walau terik mata hari panas menyengat, Minggu.

Bupati Natuna, Ilyas Sabli mengatakan, bagi peserta lomba Gerak Jalan Perjuangan agar selalu menjaga kekompakan dan menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu kata dia, semangat perjuangan harus terpatri di hati pribadi masing-masing peserta dan warga.

"Saya tidak banyak memberikan sambutan, hanya saja yang terpenting bagi peserta adalah, selalu jaga sportivitas dan kekompakan, boleh menang, tapi dengan sehat. Dan terpenting adalah semangat perjuangan harus selalu tertanam di jiwa kita," kata dia.


Rute yang dilalui kategori putra umum dan pelajar dengan jarak 17 KM star di Pantai Kencana, selanjutnya melewati Jalan Soekarno Hatta, Batu Hitam,  Adam Malik, Bukit Arai, Simpang Air Raya, Sual, HR Soebarantas, Ranai Darat, selanjutnya Jalan Ahmad Yani, Jln Sudirman kembali lagi ke Soekarno Hatta dan finish di Pantai Kencana, Ranai.

Untuk kelompok putri umum dan pelajar dengan jarak 8 KM star di Pantai Kencana, Soekarno Hatta, Pramuka, Hr Soebrantas, Ranai Darat, Ahmad yani kemudian masuk ke jalan Sudirman, Soekarno Hatta dan finish di Pantai Kencana.

Sementara itu, penanggung jawab kegiatan, Kepala Dispora, Marka mengatakan, tujuan di adalah kegiatan ini selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70, juga untuk menumbuhkan rasa patriotisme serta mengenang kembali para pahlawan yang telah berjuang untuk membela tanah air.

Sesuai UU no 3 tahun 2005 tentang sistiem Keolahragaan, serta Peraturan Pemerintah no 16 tahun 2007 dan Perbub Natuna nomor 1 tahun 2015, perlu diadakan kegiatan ini.

Pesertanya terang dia, terdiri dari 6 regu untuk putra umum, 15 regu dari putra pelajar, 7 regu peserta putri umum dan 13 regu dari putri pelajar. Bagi pemenang diberikan tropi tetap dan uang pembinaan yang bersumber dari APBD Natuna 2015.

Sedangkan kategori penilaian, kata dia, terutama kekompakan, kerapian, ketepatan waktu serta yel-yel perjuangan yang suarakan.

"Bagi pemenang diberikan Tropi tetap dan uang pembinaan, tentu dengan ketentuan dan penilaian yang sudah ditetapkan oleh panitia," pungkas dia. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE