BMKG Prakirakan Cuaca Buruk Masih Melanda Kepri

id BMKG,Prakirakan,Cuaca,Buruk,Masih,Melanda,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca buruk yang ditandai dengan gelombang tinggi, angin kencang, dan hujan masih akan melanda wilayah Kepri.

Hal itu dampak dari musim angin Utara, kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam Philip Mustamu di Batam, Senin pagi.

Hingga saat ini,  masih terjadi cuaca buruk sekitar Kepri. Cuaca dingin dan kelembapan terjadi dari arah utara Kepri. Hal itu menyebabkan angin berhembus 40 hingga 45 kilometer per jam.

Kondisi tersebut mengakibatkan gelombang pada perairan Kepri, khususnya Natuna dan Anambas, mencapai 3 meter. Hal ini membahayakan bagi pelayaran kapal-kapal kecil.

Wilayah lain di Provinsi Kepri, seperti perairan sekitar Batam, Bintan, Tanjungpinang, Karimun, dan Lingga, tinggi gelombang sekitar 1 meter.

"Kondisi itu mengharuskan pengguna transportasi laut mempertimbangkan kondisi cuaca yang tengah terjadi. Kehatian-hatian perlu demi keselamatan," katanya.

Untuk transportasi udara, lanjut dia, kondisi saat ini belum begitu berpengaruh hanya saja akan ada guncangan-guncangan kecil saat terbang sekitar Kepri.

"Penerbangan masih aman, cuma mungkin saja terjadi guncangan akibat banyaknya awan yang menyelimuti udara Kepri," kata Philip.

Sementara itu, Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur Erwin Sjafrizal mengatakan bahwa sejauh ini pelayaran Batam-Tanjungpinang, Batam-Tanjunguban masih normal.

Meski demikian, dia selalu mengingatkan operator pelayaran agar mengutamakan keselamatan penumpang dengan selalu berhati-hati dan menghidupkan seluruh alat navigasi.

"Sejauh ini masih lancar. Namun, tetap kami tekankan agar selalu waspada dan hati-hati. Kami juga selalu berkoordinasi dengan BMKG," kata Erwin. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE