Dinkes Siapkan Posko Kesehatan di Tempat Keramaian

id Dinkes,batam,Posko,Kesehatan,Tempat,Keramaian,lebaran,idul,fitri

Ini upaya kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya yang sedang dalam perjalanan mudik
Batam (Antara Kepri) - Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau menyiapkan sejumlah posko kesehatan di tempat-tempat keramaian untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bersiap merayakan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Rabu, menyatakan posko kesehatan itu di antaranya di Bandara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Telaga Punggur, Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batuampar, sekitar Batam Centre, Jembatan I Barelang dan sekitar komplek pertokoan Nagoya Hill.

"Ini upaya kami untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya yang sedang dalam perjalanan mudik," kata Kepala Dinas.

Posko yang dibuka sejak Senin (19/6) hingga 4 Juni 2017 itu dilengkapi dengan petugas dan peralatan medis memadai.

Selain posko kesehatan, Puskesmas juga akan beroperasi 24 jam sepanjang libur Idul Fitri 1438 Hijriah untuk melayani masyarakat yang tidak mudik Lebaran ke kampung halaman.

"Ini untuk berjaga. Jam kerja biasa, tidak ada perubahan. Dan semua Puskesmas kami sudah melayani 24 jam," kata Didi.

Sebanyak 17 Puskesmas di pulau utama dan pulau penyangga siap melayani masyarakat selama 24 jam penuh, terutama untuk kasus gawat darurat dengan dokter siaga di tempat dan dokter yang siaga untuk dipanggil segera.

Bila tidak ada dokter siaga, maka dia memastikan kehadiran dokter yang siap sedia untuk datang ke Puskesmas bila dibutuhkan.

"Dokter ada yang 'on call' dan 'stay'. Dokter yang 'stay' di antaranya di Puskesmas Baloi Permai, Sekupang, Tanjungsengkuang dan Galang," kata Kepala Dinas.

Hanya sebagian kecil Puskesmas yang tidak dilengkapi dokter siaga. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE