Pemda Natuna Miliki Kapal Cepat Super Canggih

id Natuna, Kapal Ferry MV Indra Perkasa, Dinas Perhunungan Natuna

Natuna ( Antara Kepri ) - Hari Perhubungan Nasional tepat pada tanggal 17 September 2017, Kabupaten Natuna dihadirkan dengan satu buah kapal ferry sebagai sarana pendukung untuk membuka konektifitas ke daerah - daerah terpencil.

Satu kapal ferry baru milik Pemerintah Kabupaten Natuna tersebut bersumber dari belanja modal pengadaan kapal atau pembuatan Kapal Dinas Pemerintah Daerah dengan Anggaran Rp. 27, 325,650.000, 00 Tahun 2017.

Kapal terbuat dari aluminium dengan nama MV Indra Perkasa memiliki panjang 31 meter dan lebar 6 meter dinilai mampu untuk menjangkau laut Kepulauan Natuna Utara jauh lebih aman.

" Ini murni 100 % terbuat dari Aluminium dengan kapasitas 38 sit, namun kita bisa angkut penumpang lebih dari itu, ia memiliki kecepatan 27 not/ jam, dan ada ruangan vip, " Ucap Iskandar, S. Sos Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna pada saat kedatangan ferry perdana di Penagi, Ranai (17/9).

Ia juga menjelaskan 90 % Wilayah Natuna adalah laut, hal ini sangat menjadi penting sebagai sarana pendukung yang memadai dalam mendukung jalannya roda pemerintahan.

" Kapal ini mempunyai ketahanan hingga 25 Tahun kedepan, tetapi jika terbuat dari fiber limit terbatas hanya 10 Tahun dan jangkauan jarak tempuh kapal fiber hanya dibolehkan melayari laut terbuka dalam waktu 1 jam, selain itu kita juga bertujuan untuk membuka konektifitas daerah - daerah terisolir yang tidak di layari pelni pada saat - saat tertentu, " ungkasnya.

Sebelumnya peluncuran Ferry Pemda Kabupaten Natuna dihadiri langsung Bupati Natuna, Drs. H. Hamid. Rizal, M.Si di galangan kapal PT.PALINDO MARINE Tanjung Uncang Batam, Sabtu 9 September 2017.

Bupati Natuna, Drs.H.Hamid. Rizal, meluncurkan Ferry tersebut turun dari galangan dengan ditandai doa bersama agar pelayaran perdana menuju Natuna lancar dan selamat.

Bupati Natuna mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas selesainya pengerjaan Fery Pemda ini yang telah dimulai dengan peletakan lunas nya pada tanggal 17 Mei lalu.

Hadir pada acara peluncuran tersebut Ny Nurhayati Hamid Rizal, Kapolres Natuna, tim TP4D, Kadis Perhubungan dan direktur PT.Palindo marine.

Bupati Natuna pada kesempatan tersebut menyampaikan keberadaan Fery ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan Pemkab Natuna akan sarana transportasi laut yang tidak saja untuk keperluan dinas namun juga untuk kebutuhan darurat bagi masyarakat kabupaten Natuna.

Sebelum kedatangan Ferry tersebut ke Natuna terlebih dahulu dilakukannya syukuran dan Do'a selamat Ferry yang bertempat di Pelantar Pulau Penyengat, Sabtu (16/9) pagi, Bupati Natuna, Drs. H. A. Hamid Rizal, M.Si mengundang tokoh masyarakat dan Pemuka agama Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang untuk melaksanakan syukuran dan doa bersama atas selesainya pengerjaan dan pemakaian perdana Ferry Pemda Natuna.

Pada kesempatan tersebut dihadiri pula mantan Walikota Tanjungpinang, Hj. Suryatati Abdul Manan. Selanjutnya Bupati Natuna beserta rombongan melakukan pelayaran perdana menuju Natuna pada Sabtu malam tanggal 16 September dan tiba di Pelabuhan Roro Penagi, Ranai, Natuna pada Minggu sore 17 September 2017.

Kedatangan kapal Ferry Pemda ke Natuna diawali dengan mengunjungi Kecamatan Midai sebelum menuju Pelabuhan Penagi. Kedatangan ferry MV Indra Perkasa disambut meriah oleh warga dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Hadir dalam penyambutan tersebut Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Suprapti, Yusripandi Ketua DPRD Natuna, OPD, dan para tokoh masyarakat. ( Antara )


Editor : Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE