Baharkam Polri ingatkan Polisi RW di Batam respons keluhan warga

id Polisi RW,Polresta Barelang,Batam,Kepri

Baharkam Polri ingatkan Polisi RW di Batam respons keluhan warga

Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Muhammad Rudy Syarifudin melantik salah satu personel yang menjadi Polisi RW (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Dirbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol. Muhammad Rudy Syarifudin meminta sebanyak 811 personel Polresta Barelang yang dilantik menjadi Polisi Rukun Warga (RW)  wajib merespons keluhan warga.

“Rekan-rekan harus turun ke lapangan dan melakukan penilaian keamanan apa yang terjadi di RW tersebut. Jika ada laporan, keluhan, dan permasalahan yang ada di RW setempat, maka rekan wajib merespons. Satu minggu satu kali wajib bertemu dengan RW karena semua fungsi di kepolisian wajib dijadikan sebagai Polisi RW,” ujarnya saat memimpin Apel Peresmian Program Polisi RW di Batam Kepulauan Riau, Rabu.

Menurutnya, setiap tugas yang diberikan kepada anggota Polri harus dikerjakan dengan ikhlas, tulus dari hati, benar-benar bersedia melindungi, dan mendengarkan aspirasi permasalahan di lingkungan terkecil.

Untuk itu, dia berpesan agar setelah peresmian ini personel yang sudah dipilih segera menemui Ketua RW dan melaporkan ke RW setempat bahwa mereka sudah menjadi Polisi RW di daerah ini untuk membantu apabila ada hal-hal yang perlu dilakukan.

“Rekan-rekan agar segera membuat grup RW tersebut, nanti dalam pelaksanaan akan dinilai langsung secara keseluruhan, para kapolsek harus berani untuk melaporkan siapa Polisi RW yang malas dan tidak mau bekerja,” katanya.

Di tempat yang sama Kapolresta Barelang Kombes Pol. Nugroho Tri berharap setiap personel yang terpilih agar melaksanakan tugas pokok di fungsi masing-masing dan merangkap sebagai Polisi RW di wilayah masing-masing. Dia meminta agar setiap personel yang terpilih untuk segera menyesuaikan dan kenali lingkungannya.

“Harus bersinergi dengan tetangga dan perangkat RW, termasuk tokoh agama dan masyarakat harus tahu kontak setiap perangkat RT dan RW,” ucapnya.

Hal itu, kata dia, ke depannya perlu dilakukan agar setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat masing-masing bisa diketahui.

“Jadi jika ada kejadian di RW harus mengetahui terlebih dahulu apalagi jika permasalahan itu viral di masyarakat. Jika ada konflik sosial yang menjadi atensi harus segera melaporkan kepada pimpinan agar masalah itu tidak melebar dan harus cepat ditangani dengan baik,” kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE