RSUD Arifin Achmad Riau jadi RS pertama RI yang sukses operasi penyumbatan arteri

id RSUD Arifin Ahmad Riau

RSUD Arifin Achmad Riau jadi RS pertama RI yang sukses operasi penyumbatan arteri

dok.Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - RSUD Arifin Achmad menjadi rumah sakit pertama kali di Indonesia yang sukses melakukan operasi penyakit buerger disease atau penyumbatan arteri pada pembuluh darah yang menyebabkan anggota gerak tangan dan kaki mengalami kekurangan nutrisi.

Dokter Spesialis Bedah Toraks RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr Hariadi Hatta Sp.BTKv, merupakan penggagas dari operasi itu. Sedangkan tindakan operasi dilakukan oleh dokter Spesialis Ortopedi dr Eko Setiawan Sp.OT.

"Buerger disease adalah penyakit tersumbatnya arteri pada pembuluh darah yang menyebabkan anggota gerak (tangan/ kaki) mengalami kekurangan nutrisi. Jika dibiarkan bisa menyebabkan luka, membusuk, dan harus diamputasi," kata Eko Setiawan, di Pekanbaru, Ahad.

Eko Setiawan mengatakan kebanyakan penderita buerger disease memiliki kebiasaan merokok bertahun-tahun.

Gejala penyakit itu yaitu kaki atau tangan merasa dingin dan nyeri, perubahan warna kulit, dan terjadi luka yang tidak kunjung sembuh yang bisa membusuk.

Buerger disease, kata dia, biasa ditangani dokter spesialis bedah toraks vaskular atau bedah vaskular. Pada gejala awal bisa diberikan obat-obatan. Namun jika terlambat, maka tergantung kondisi bisa diamputasi atau dilakukan penghentian kinerja saraf simpatik untuk memperlebar pembuluh darah dengan memotongnya melalui pembedahan.

"Dengan berkembangnya teknik minimal invasif di bidang kedokteran, dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr Hariadi Hatta mencoba berinovasi untuk memberikan tindakan lumbar symphatetic block yang kami kerjakan kepada salah satu pasien buerger bisease di RSUD Arifin Achmad," kata dia.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE