Petani di Tapin Kalsel tewas saat padamkan karhutla tanpa APD

id tapin, petani meninggal, karhutla, berita kalsel

Petani di Tapin Kalsel tewas saat padamkan karhutla tanpa APD

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Minggu (20/8/2023). ANTARA/Muhammad Fauzi Fadilah

Tapin (ANTARA) - Kepala BPBD Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, Raniansyah, mengungkapkan seorang petani bernama Supian Suri (55) tewas saat berupaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Raniansyah menduga Supian Suri meninggal dunia karena tidak memakai alat pelindung diri (APD) saat memadamkan api di lahan milik korban.

"Saat BPBD menemukan korban dalam kondisi pingsan dan tidak memakai pengaman sehingga banyak menghirup asap," kata Raniansyah saat dikonfirmasi di Rantau, Kalimantan Selatan, Selasa.

Supian Suri ditemukan pingsan saat peristiwa karhutla di sentral cabai rawit, Desa Hiyung, Senin (28/8) sekitar pukul 14.00 Wita. Petani ini berjibaku memadamkan api untuk menyelamatkan tanaman cabai rawit di atas lahan miliknya.

Setibanya BPBD Tapin di lokasi, petani itu ditemukan pingsan di lahan tersebut, kemudian langsung dievakuasi warga menuju ambulans milik Palang Merah Indonesia (PMI) Tapin.

"Asap itu mengakibatkan sesak napas," ucapnya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Petani di Tapin tewas saat padamkan karhutla tanpa APD

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE