Pusat Berikan Bantuan AUTS untuk Peternak Sapi

id Pusat,asuransi,Berikan,tanjungpinang,Bantuan,AUTS,Peternak,Sapi

Untuk itu, pemerintah pusat telah membuat sebuah regulasi baru yang diharapkan dapat meminimalisir kerugian bagi para peternak sapi, salah satu upaya itu, dengan cara memberikan bantuan premi Asuransi Usaha Ternak Sapi
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah pusat memberikan bantuan premi Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) untuk peternak sapi di Kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat kegiatan sosialisasi AUTS, di Aula Bulang Linggi, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Selasa, mengatakan bantuan tersebut dikhususkan untuk budidaya dan pembibitan sapi.

Ia mengutarakan, karakteristik usaha sektor pertanian, khususnya pada budidaya dan pembibitan sapi dianggap berisiko tinggi, terutama risiko terhadap serangan penyakit dan kematian hewan ternak.

Hal itu dapat menyebabkan kerugian besar kepada peternak secara langsung dan mempengaruhi naiknya angka inflasi. 

“Untuk itu, pemerintah pusat telah membuat sebuah regulasi baru yang diharapkan dapat meminimalisir kerugian bagi para peternak sapi, salah satu upaya itu, dengan cara memberikan bantuan premi Asuransi Usaha Ternak Sapi," katanya.

Kegiatan tersebut merupakan prakarsa Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang bekerjasama dengan Asuransi Jasindo. 

Wali Kota mengutarakan tujuan diberikan bantuan AUTS untuk mendorong peningkatan akses pembiayaan di sektor pertanian, sistem pengajuannya akan diatur sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah untuk diikuti. 

“Dengan begitu, semua peternak sapi dapat berpartisipasi langsung tanpa mengalami kendala-kendala yang tidak diharapkan. Untuk pola Asuransi yang diterapkan ini berupa pola swadaya dan pola pengembangan asuransi melalui Skim Credit ( Bank Insurance )," ujarnya.

Sedangkan untuk saat ini, lanjutnya, Pemerintah Kota Tanjungpinang optimis untuk melakukan strategi kebutuhan daging sapi di Kota Tanjungpinang dapat terpenuhi.

Meskipun melihat kondisi daerah belum optimal antara kebutuhan dengan ketersediaan sapi, namun kita akan terus menangkap dan memanfaatkan peluang yang ada, terutama dukungan dari pemerintah pusat terhadap peningkatan populasi sapi di Kota Tanjungpinang.

“Lewat dukungan pemerintah pusat, maka produktifitas ternak sapi semakin meningkat secara optimal di Kota Tanjungpinang," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota menyerahkan polis AUTS Jasindo kepada para peternak di Kota Tanjungpinang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE