Ratusan ketua RT-RW di Karimun terima insentif

id insentif,ketua RT,karimun

Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan insentif triwulan IV 2018 untuk ketua RT/RW. (Antaranews Kepri/Humas Pemkab Karimun)

Karimun (ANTARANews Kepri) - Sebanyak 501 ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) di lima kecamatan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menerima insentif untuk triwulan IV 2018.

Insentif ketua RT dan RW untuk lima kecamatan, yakni Kecamatan Karimun, Meral, Tebing, Meral Barat dan Buru diserahkan Bupati Karimun Aunur Rafiq di Kantor Bupati, Tanjung Balai Karimun, Senin.

Rinciannya untuk Kecamatan Karimun sebanyak 106 ketua RT dan 24 ketua RW, Meral 119 ketua RT dan 30 ketua RW, Meral Barat 35 ketua RT dan 11 ketua RW, Tebing 62 ketua RT dan 21 ketua RW dan Kecamatan Buru 64 ketua RT dan 29 ketua RW.

"Insentif merupakan bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada ketua RT dan RW sebagai ujung tombak pemerintahan di lingkungannya," kata bupati.

Aunur Rafiq mengatakan, besar insentif memang relatif kecil karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran dan diserahkan setiap tiga bulan sekali.

"Untuk triwulan IV, insentif untuk ketua RT dan RW kita serahkan tepat waktu. Mudah-mudahan bermanfaat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, bupati kembali meminta ketua RT dan RW untuk terus bekerja membantu pemerintah.

Ketua RT dan RW juga diharapkan memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan masyarakat yang tertib administrasi kependudukan.

"Ketua RT dan RW saya harapkan memantau dan mengetahui kondisi warganya," ujarnya.

Dia juga mengatakan, ketua RT dan RW juga memiliki peran yang sangat besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, dan bersinergi dengan semua pihak dalam mendeteksi dini gangguan kamtibmas.

"Ketua RT dan RW juga ujung tombak aparat kepolisian maupun TNI. Tugas ini tidak ringan, tapi mulia sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara," kata dia.

Setiap ketua RT maupun RW menerima insentif untuk satu triwulan sebesar Rp1 juta dipotong pajak.

"Insentif yang diterima sebesar Rp1 juta, tapi dipotong pajak sebesar Rp50.000. Kalau ditanya cukup atau tidak, ya kita cukup-cukupkan saja. Yang penting, saya bersyukur ada kepedulian dari pemerintah daerah," kata Muslim, Ketua RT 001/RW 004 Kelurahan Sei Raya, Kecamatan Meral.

Total ketua RT dan RW dari 12 kecamatan se-Kabupaten Karimun yang menerima insentif untuk triwulan IV sebanyak 1.486 orang.

Untuk insentif dari 7 kecamatan lain, yakni Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara, Belat, Ungar, Moro dan Durai akan diserahkan Selasa (4/12) besok di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar