PT Timah salurkan Rp200 juta untuk pengobatan massal

id pengobatan gratis,pengobatan massal,PT Timah,Kabupaten Karimun

PT Timah salurkan Rp200 juta untuk pengobatan massal

Wakil Kepala PT Timah Tbk Wilayah Produksi Kepri dan Riau Tonggo Situmorang membuka pengobatan massal gratis di Desa Pongkar. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Karimun (ANTARANews Kepri) - PT Timah Tbk Wilayah Produksi Kepri dan Riau menyalurkan dana tanggung jawab sosial atau CSR sebesar Rp200 juta untuk pengobatan massal gratis.

"Pengobatan massal gratis kita adakan di beberapa desa yang terkena dampak kegiatan perusahaan, seperti di Pulau Kundur, Kabupaten Meranti dan terakhir di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing," kata Sekretaris Wilayah PT Timah Tbk Wilayah Produksi Kepri dan Riau Yori Eko Faruza di Tanjung Balai Karimun di sela pengobatan massal gratis di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing akhir pekan lalu.

Yori Eko Faruza mengatakan dana CSR sebanyak Rp200 juta digunakan untuk pengadaan obat-obatan dan tenaga medis sehingga warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

"Obat-obatan yang diberikan tentu yang berkualitas, dan bagi pasien yang perlu mendapatkan perawatan lanjutan, akan kita bantu untuk mendapatkan perawatan lanjutan," katanya.

Sementara itu, Wakil Kepala PT Timah Tbk Wilayah Produksi Kepri dan Riau Tonggo Situmorang mengatakan, pengobatan gratis merupakan bentuk kepedulian PT Timah terhadap masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan operasi perusahaan.

Tonggo Situmorang mengatakan pengobatan massal gratis juga bentuk kampanye kepada masyarakat agar peduli kesehatan dengan melakukan pengecekan dini.

"Masyarakat sehat, bangsa juga sehat," kata dia.
 
Petugas medis memeriksa kesehatan seorang warga dalam acara pengobatan massal gratis di Desa Pongkar. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Pengobatan gratis, antara lain diselenggarakan di Desa Pongkar, Kecamatan Tebing yang termasuk desa terdepan di Kabupaten Karimun karena berhadapan dengan perairan Selat Malaka.

Dia mengatakan Desa Pongkar belum termasuk daerah yang terdampak kegiatan penambangan perusahaan, tetapi perusahaan memiliki kewajiban untuk peduli dengan kesehatan masyarakat di desa tersebut.

Menurut dia, PT Timah Tbk memang memiliki area konsesi penambangan timah di Desa Pongkar, tapi belum pada tahap eksploitasi.

"Kita belum tahun kapan akan dieksploitasi, tapi kami tetap berkomitmen untuk menyalurkan dana CSR bagi masyarakat Desa Pongkar," katanya.

Kegiatan pengobatan gratis di Desa Pongkar dilaksanakan akhir pekan lalu dengan target 200 warga.

Pengobatan gratis meliputi pemeriksaan kesehatan secara umum, seperti pemeriksaan kolesterol, gula darah, tensi, dan penyakit umum lainnya.

Sementara itu, seorang warga Desa Pongkar, Aminah mengapresiasi kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan PT Timah Tbk.

"Kami senang bisa memeriksakan kesehatan secara gratis, mudah-mudahan kegiatan seperti ini dilaksanakan secara berkala," kata dia setelah mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan PT Timah di gedung serbaguna Desa Pongkar.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE