PDAM Tirta Karimun siap terima 3.000 pelanggan baru

id SPAM IKK Karimun,PDAM Tirta Karimun

PDAM Tirta Karimun siap terima 3.000 pelanggan baru

Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo mengamati cadangan air yang diolah SPAM IKK Karimun, yang diuji coba pengoperasiannya pada Sabtu (18/1). (ANTARA Kepri/Rusdianto)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun siap menerima sekitar 3.000 pelanggan baru jika Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) Karimun, Waduk Sentani di Jalan Poros, Tanjung Balai Karimun beroperasi.

"Kalau SPAM IKK Karimun sudah diresmikan bupati, maka kita sudah bisa menerima pelanggan baru sekitar 3.000 sambungan," kata Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Indra Santo mengatakan, SPAM IKK Karimun yang dibangun menggunakan dana APBN telah diuji coba pada Sabtu (18/1) kemarin, dan hasilnya berjalan dengan baik.

"Kita tidak hanya uji coba mesin pengolahan, tetapi mendistribusikannya melalui jaringan pipa sepanjang 4,3 kilometer yang selesai dibangun tahun lalu. Dan, alhamdulillah uji coba berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.
 
Cadangan air baku SPAM IKK Karimun, menurut dia, berasal dari Waduk Sentani dan akan didistribusikan untuk pelanggan di Kecamatan Meral dan Meral Barat.

"Jadi, 3.000 pelanggan baru yang akan kita terima nanti, khusus untuk masyarakat di Meral dan Meral Barat," kata dia.

Dia mengatakan berdasarkan uji coba yang dilakukan, kualitas air yang diproduksi melalui SPAM IKK Karimun sangat bagus, bahkan layak untuk dikonsumsi.

Hanya saja, kata dia, air yang telah diolah baru bisa dikonsumsi sebatas di lokasi SPAM IKK Karimun, sehingga belum bisa dikonsumsi oleh pelanggan.

"Belum bisa dikonsumsi pelanggan karena permasalahan pipa yang sudah tua, sehingga nanti pipa-pipa yang sudah tua itu akan kita lakukan peremajaan," ujarnya.

PDAM Tirta Karimun saat memiliki sekitar 8.000 pelanggan. Sejak didirikan terpisah dari Perusda Karimun, PDAM Tirta Karimun terus membangun sarana infrastruktur yang didukung anggaran dari pemerintah.

Sarana infrastruktur yang telah dibangun antara lain, SPAM IKK Pongkar dan peningkatan kapasitas cadangan air baku di Waduk Bati di Kecamatan Tebing, serta pemasangan jaringan pipa baru.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE