Dinkes Natuna berikan tips buat disinfektan di rumah

id Cegah COVID-19

Dinkes Natuna berikan tips buat disinfektan di rumah

Warga membuat cairan disinfektan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana di Tanjungpinang, Rabu (25/3/2020) ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Kepri memberikan tips sederhana membuat cairan disinfektan di rumah masing-masing seiring mewabahnya virus corona baru atau COVID-19.

"Bagi warga yang tidak mendapatkan disinfektan di toko-toko kimia tak perlu khawatir, karena sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun mudah diperoleh,” kata Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Rizal Rinaldy, Rabu (25/3).

Bahan-bahan sederhana yang dimaksud adalah bahan pembersih lantai Wipol, SOS, dan pemutih Bayclin.

Caranya, kata dia, campurkan satu liter air dengan dua tutup botol Wipol atau SOS dan bayclin tersebut. Lalu, masukan dalam botol kispray atau yang menyerupai.

Dia memperingatkan warga tidak mengaduk dengan tangan sendiri, melainkan dapat menggunakan kayu atau sendok, untuk menghindari iritasi.

"Demikian agar dapat dipraktikan di rumah dan jangan lupa untuk mencuci tangan dengan benar,” sebut Rinaldy.

Pihaknya mengimbau warga untuk segera membuat dan menyemprotkan disinfektan tersebut pada area yang sering disentuh orang, yakni pegangan pintu rumah, pintu mobil, dan lainnya.

"Upaya ini sebagai bentuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan rumah," tuturnya.

Terkait kegiatan ini, lanjut Rinaldy, Dinas Kesehatan Natuna juga sudah mengadakan sosialisasi pembuatan sekaligus penyemprotan disinfektan di halaman Kantor Bupati Natuna.

Selain diberitahu cara pembuatan disinfektan dengan menggunakan bahan sederhana yang mudah didapatkan, jajaran OPD di lingkungan Perkantoran Bupati Natuna juga dibekali pengetahuan tindakan disinfeksi secara benar dan efektif terhadap ruang dan permukaan barang yang sering tersentuh orang banyak.

Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar