Upacara HUT ke-75 RI di Riau terapkan protokol kesehatan

id gubernur riau,HUT 75 RI,upacara HUT RI,HUT RI

Upacara HUT ke-75 RI di Riau  terapkan protokol kesehatan

Ilustrasi - Gubernur Riau Syamsuar (tengah) memberikan keterangan pers tentang pelaksanaan shalat Ied Idul Adha di Kota Pekanbaru, Kamis (30/7/2020). (ANTARA/HO-Diskominfotik Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia pada tahun ini tetap dilaksanakan di saat wabah COVID-19, namun ada pengaturan khusus dengan penerapan protokol kesehatan.

“Peringatan HUT RI pada 17 Agustus tak bisa dilaksanakan seperti sedia kala. Upacara bendera tetap dilaksanakan tapi tidak boleh seramai biasanya,” kata Syamsuar pada pernyataan pers di Pekanbaru, Ahad.

Ia menjelaskan, upacara peringatan HUT Republik Indonesia (RI) di lingkungan Pemprov Riau akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Riau, halaman Gedung Daerah Riau, dan di masing-masing kantor organisasi perangkat daerah (OPD), dan kantor instansi vertikal. Namun, jumlah pesertanya dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan.

Bagi pegawai yang rentan tertular COVID-19 seperti yang punya penyakit, usia lanjut dan ibu hamil, tidak perlu ikut upacara.

Gubernur Riau akan menjadi Inspektur Upacara di gedung daerah pada upacara penaikan bendera di pagi hari, sedangkan Wakil Gubernur Riau pada upacara penurunan bendera, dan Sekretaris Daerah Riau akan menjadi inspektur upacara di halaman kantor gubernur. Sedangkan untuk pasukan pengibar bendera (Paskibra) jumlah juga dibatasi.

“Cukup anggota Paskibra hanya tiga orang saja dari anggota cadangan Paskibra tahun 2019 yang lalu,” katanya.

Ia mengatakan kegiatan serupa juga akan dilakukan oleh pemerintah daerah di 12 kabupaten dan kota di Riau. Seluruh peserta harus mengenakan masker dan mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

“Yang biasanya upacara bendera di setiap ibu kota provinsi, kabupaten kota, kecamatan dan desa yang biasanya mengumpulkan orang ramai, tahun ini tidak dilaksanakan seperti itu,” ujarnya.

Upacara akan dilaksanakan pada 17 Agustus pukul 07.00 WIB, dan setelah itu dilanjutkan dengan mengikuti upacara detik-detik proklamasi bersama Presiden RI Joko Widodo.

“Setelah upacara usai, langsung memasuki gedung daerah untuk ikuti peringatan detik-detik proklamasi secara virtual,” katanya.

Ia menambahkan, mulai tanggal 1 Agustus setiap instansi diharapkan untuk mulai memasang atribut bendera dan umbul-umbul untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-75 RI.*

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar