Pasien COVID-19 di Karimun bertambah satu menjadi 31 orang

id pasien COVID-19 di Karimun

Pasien COVID-19 di Karimun bertambah satu menjadi 31 orang

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi. (foto diambil sebelum merebaknya pandemi COVID-19). (ANTARA Kepri/Rusdianto)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu, bertambah satu orang sehingga total tercatat sebanyak 31 orang, 19 di antaranya dinyatakan sembuh.

"Ada tambahan satu kasus hari ini, seorang perempuan asal Kecamatan Meral," kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi di Tanjung Balai Karimun.

Rachmadi mengatakan, satu kasus baru tersebut merupakan klaster Kecamatan Kundur yang bermula dari Kapolsek Kundur almarhum Kompol Endi Endarto.

Penambahan satu kasus tersebut, menurut dia, berdasarkan berdasarkan uji swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.

Sejak munculnya klaster Kecamatan Kundur dan Tanjungpinang, Dinas Kesehatan Karimun telah mengirim sebanyak 135 sampel swab untuk diperiksa di BTKLPP Batam.

Dari jumlah itu, sebanyak 86 sampel swab telah keluar hasilnya pada Selasa (25/8) dan dua orang terkonfirmasi positif COVID-19. Kemudian pada hari ini, sebanyak 48 sampel swab juga telah keluar hasilnya.

"Jadi, dari masih ada satu sampel swab lagi yang belum keluar hasilnya," katanya. 

Hingga hari ini, kata Rachmadi, jumlah pasien COVID-19 tercatat sebanyak 31 orang, namun yang masih menjalani karantina atau perawatan sebanyak 12 orang. Sisanya sebanyak 19 orang sudah dinyatakan sembuh.

Wabah virus corona melonjak sejak munculnya klaster Tanjungpinang dan klaster Kundur, dan baru-baru ini juga muncul klaster baru di Kecamatan Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam satu kesempatan menyatakan akan mempertimbangkan status karantina wilayah atau "lockdown" jika penularan COVID-19 terus bertambah dan semakin tidak terkendali.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE